PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS X SMK IT MA'ARIF NU KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS

Dian, Hadi (2024) PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS X SMK IT MA'ARIF NU KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
DIAN_FASITOH_NUR_MALYSA_HADI_PENGARUH_REWARD_DAN_PUNISHMENT_TERHADAP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan afektif siswa harus sangat diperhatikan dalam pembelajaran matematika salah satunya disposisi matematis. Untuk meningkatkan disposisi matematis dibutuhkan sebuah rangsangan salah satunya dengan pemberian reward dan punishment. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh secara bersama-sama maupun individu antara reward dan punishment terhadap disposisi matematis siswa kelas X SMK IT Ma’arif NU Karanglewas Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan menggunakan pendekatan survei. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X yang berjumlah 113 siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah 88 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan simple random sampling dengan rumus slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan angket reward, punishment dan disposisi matematis yang sebelum dibagikan sudah melewati tahap uji validitas dan uji reliabilitas. Dalam penelitian ini, pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda yang menghasilkan kesimpulan: 1) Ada pengaruh yang positif reward terhadap disposisi matematis siswa dengan besar pengaruh tersebut yaitu 13,4% dan sisanya yaitu 86,6% dipengaruhi oleh faktor yang lain. 2) Tidak ada pengaruh punishment terhadap disposisi matematis siswa. 3) Ada pengaruh reward dan punishment terhadap disposisi matematis siswa dengan besar pengaruh tersebut yaitu 13,4% dan sisanya yaitu 86,6% dipengaruhi oleh faktor yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Disposisi Matematis, Punishment, Reward
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: DIAN FASITOH NUR MALYSA HADI sdri
Date Deposited: 04 Jul 2024 01:48
Last Modified: 04 Jul 2024 01:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25098

Actions (login required)

View Item View Item