PERAN KELUARGA UNTUK MENGATASI CAREGIVER BURDEN DALAM MERAWAT LANSIA (Studi Kasus Di Kelurahan Mekarsari Kota Banjar)

Siti, Nurrani (2024) PERAN KELUARGA UNTUK MENGATASI CAREGIVER BURDEN DALAM MERAWAT LANSIA (Studi Kasus Di Kelurahan Mekarsari Kota Banjar). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Siti Nurrani - 2017101150 - FULL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Merawat lansia adalah situasi yang sulit dengan segala konsekuensi yang mengakibatkan beban pada perawatnya. Caregiver Burden atau beban perawat adalah situasi yang sulit bagi seseorang yang sedang merawat lansia dirumah, beban yang dirasakan perawat adalah beban ekonomi, psikologis, fisik, dan sosial. Keluarga merupakan orang terdekat dengan caregiver yang mempunyai peranan penting terhadap kesehatan dan keberlangsungan hidup caregiver untuk mengatasi beban-beban yang dirasakan perawat ketika merawat lansia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran keluarga untuk mengatasi caregiver burden dalam merawat lansia. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif pendekatan bersifat deskriptif, sumber data dari penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer didapatkan dari observasi, wawancara sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari literatur-literatur, buku, jurnal dan foto. Subjek dari penelitian ini adalah keluarga besar dari perawat yang merawat lansia di Kelurahan Mekarsari. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data lalu dilakukanlah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diketahui peran keluarga untuk mengatasi beban-beban yang dirasakan caregiver sudah dijalankan yaitu (1) peran keluarga mengatasi beban ekonomi bahwa suami, anak, dan kakaknya sebagai fasilitator sudah membantu finansial berupa uang dan makanan. (2) peran keluarga mengatasi beban psikologis peran keluarga sebagai motivator, memberikan motivasi, rasa empati, dan kepedulian kepada caregiver. (3) peran keluarga dalam mengatasi beban fisik, saling gotong royong dan saling tolong menolong dalam membantu pekerjaan rumah maupun aktivitas merawat lansia. (4) peran keluarga mengatasi beban sosial, sebagai dukungan sosial meliputi dukungan emosional, dukungan instrumental dan dukungan informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Keluarga, Caregiver Burden, Lansia
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology > 155.6 Psychology of Adults
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Siti Nurrani sdri
Date Deposited: 30 Jun 2024 00:17
Last Modified: 30 Jun 2024 00:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25093

Actions (login required)

View Item View Item