PENGEMBANGAN WISATA BAHARI BERBASIS BLUE ECONOMY DALAM MEWUJUDKAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (STUDI KASUS PANTAI TELUK PENYU CILACAP)

ROIKHATUL, JANNAH (2024) PENGEMBANGAN WISATA BAHARI BERBASIS BLUE ECONOMY DALAM MEWUJUDKAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (STUDI KASUS PANTAI TELUK PENYU CILACAP). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ROIKHATUL_JANNAH_PENGEMBANGAN_WISATA_BAHARI_BERBASIS_BLUE ECONOMY_DALAM_MEWUJUDKAN_SUSTAINABLE_DEVELOPMENT_GOALS_(STUDI_KASUS_PANTAI_TELUK_PENYU_CILACAP).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kawasan pesisir seperti wisata bahari mempunyai banyak potensi yang dapat dikembangkan. Pantai Teluk Penyu Cilacap merupakan wisata bahari yang memiliki daya tarik keindahan laut dan sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk kegiatan perekonomian masyarakat sekitar. Pemanfaatan sumber daya alam yang tidak diimbangi dengan pelestarian lingkungan akan berdampak pada kerusakan bahkan kepunahan. Oleh karena itu, pengembangan wisata bahari harus berbasis Blue Economy dengan memanfaatkan sumber daya secara efisien sehingga pendapatan masyarakat meningkat tetapi kelestarian lingkungan tetap terjaga. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsep Blue Economy yang telah diterapkan dalam pengembangan wisata bahari Pantai Teluk Penyu Cilacap dan konsep Blue Economy pada pengembangan wisata bahari Pantai Teluk Penyu Cilacap dalam mewujudkan Sustainable Development Goals. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan wisata bahari Pantai Teluk Penyu Cilacap berbasis Blue Economy hampir terlaksana dengan baik. Hal ini ditinjau dari terlaksananya tiga perinsip yaitu efesiensi alam, kepedulian sosial, dan multiple revenue yang dapat mewujudkan beberapa tujuan Sustainable Development Goals yaitu, tujuan ke-1 tanpa kemiskinan, tujuan ke-2 tanpa kelaparan, tujuan ke-8 pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, tujuan ke-13 penanganan perubahan iklim, dan tujuan ke-14 terjaganya ekosistem laut. Satu prinsip yang masih dalam tahap pengupayaan yaitu prinsip tanpa limbah (zero waste) yang apabila dapat terlaksana dengan baik dapat mendukung mewujudkan tujuan Sustainable Development Goals ke-3 yaitu kehidupan sehat dan sejahtera dan tujuan ke-12 konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab yang akan terealisasi pada tahun 2030.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Wisata Bahari, Blue Economy, Sustainable Development Goals
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Roikhatul Jannah
Date Deposited: 30 Jun 2024 00:12
Last Modified: 30 Jun 2024 00:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25088

Actions (login required)

View Item View Item