IMPLEMENTASI ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE (ICG) DAN ISLAMIC SOCIAL RESPONSIBILITY (ISR) DALAM MENINGKATKAN NILAI PERUSAHAAN (STUDI KASUS PT. BPRS BINA AMANAH SATRIA PURWOKERTO)

Lisa, Amalia (2024) IMPLEMENTASI ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE (ICG) DAN ISLAMIC SOCIAL RESPONSIBILITY (ISR) DALAM MENINGKATKAN NILAI PERUSAHAAN (STUDI KASUS PT. BPRS BINA AMANAH SATRIA PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LISA AMALIA_IMPLEMENTASI ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE (ICG) DAN ISLAMIC SOCIAL RESPONSIBILITY (ISR) DALAM MENINGKATKAN NILAI PERUSAHAAN (STUDI KASUS PT. BPRS BINA AMANAH SATRIA PURWOKERO).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sejalan dengan perkembangan Bank Syariah di Indonesia, kehadiran BPRS Bina Amanah Satria Purwokerto memberikan salah satu alternatif kepada masyarakat dalam mempercayakan kegiatannya berdasarkan prinsip syariah, dan kini bank syariah berlomba-lomba mendapatkan penilaian/citra yang baik bagi para stakeholder. Sehingga untuk membuktikan hal tersebut pentingnya tata kelola perusahaan yang sesuai syariah (Islamic Corporate Governance/ICG). Akan tetapi kesuksesan perusahaan tidak hanya ditentukan oleh keberhasilan bisnisnya dalam meraih keuntungan namun juga dalam pemenuhan kegiatan yang bersifat sosial, yang dinamakan dengan Islamic Social Responsibility (ISR). Adanya opini yang baik tentang perusahaan dimata stakeholders berarti Perusahaan memiliki reputasi/nilai yang baik. Hal tersebut dipengaruhi oleh tata kelola dan tanggungjawab sosialnya dalam mempertahankan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Islamic Corporate Governance (ICG) dan Islamic Social Responsibility (ISR) dalam meningkatkan nilai perusahaan pada BPRS BAS Purwokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dimana data yang digunakan merupakan hasil dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa BPRS BAS Purwokerto menerapkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang sesuai dengan UU, POJK dan syariah Islam dengan baik seperti transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independency dan kesetaraan/kewajararan, kemudian ada shiddiq, amanah, tabligh, fathonah dan tambahan prinsip ketauhidan yang di terapkan oleh BPRS BAS Purwokerto sendiri. BPRS ini juga telah mengimplementasikan beberapa program ISR yang dalam BPRS tersebut dinamakan dengan program penyaluran dana ZIS. Namun program tersebut masih minim dilakukan pada even tertentu saja seperti bakti sosial dan buka bersama ASBISINDO Kompartemen BPRS Tegal Barlingmascakeb, santunan anak yatim dan beberapa kegiatan di sekitar lingkungan bank.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, ICG, ISR, Nilai Perusahaan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Lisa Amalia sdri
Date Deposited: 30 Jun 2024 00:10
Last Modified: 30 Jun 2024 00:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25081

Actions (login required)

View Item View Item