Penerapan Metode Scramble dalam Pembelajaran PAI pada Fase F di SMA Ya BAKII Kesugihan Kabupaten Cilacap

Alfa, Sumah Nijabah (2024) Penerapan Metode Scramble dalam Pembelajaran PAI pada Fase F di SMA Ya BAKII Kesugihan Kabupaten Cilacap. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H, Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
2024_Skripsi_PAI_Alfa Sumah Nijabah_2017402204_compressed.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu aspek penting dari pendidikan karena berperan dalam pembentukan karakter, moral, dan spiritual peserta didik, sehingga diperlukan metode pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Seorang guru dituntut untuk dapat memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik agar tercipta lingkungan belajar yang menyenangkan. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan adalah metode pembelajaran scramble. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode scramble dalam pembelajaran PAI pada fase F di SMA Ya BAKII Kesugihan Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dan metode deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode tersebut berjalan dengan efektif sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah ditetapkan. Metode pembelajaran ini menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan kondusif. Peserta didik merasa senang, tidak mengantuk, menjadi lebih aktif, sehingga tidak bosan dengan materi yang diajarkan, sehingga hasil belajar menjadi maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ALFA SUMAH NIJABAH sdri
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:40
Last Modified: 27 Jun 2024 02:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25073

Actions (login required)

View Item View Item