BENCHMARKING PENYELENGGARAAN KURSUS BAHASA INGGRIS BERBASIS PENDIDIKAN ISLAM DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN BRAVE ENGLISH COURSE (BEC) SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS

Umi, Soliah (2024) BENCHMARKING PENYELENGGARAAN KURSUS BAHASA INGGRIS BERBASIS PENDIDIKAN ISLAM DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN BRAVE ENGLISH COURSE (BEC) SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Umi Soliah_Benchmarking Penyelenggaraan Kursus Bahasa Inggris Berbasis Pendidikan Islam Di Lembaga Kursus dan Pelatihan Brave English Course (BEC) Sumpiuh Kabupaten Banyumas.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam yang melimpah, namun Sumber Daya Manusianya belum mumpuni. Oleh karena itu, penjaminan mutu pendidikan menjadi penting untuk dilakukan. Salah satunya adalah dengan melakukan benchmarking. Sehubung dengan era pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean yang menuntut setiap individu untuk mempersiapkan sumber daya saing yang handal terutama bidang komunikasi, peneliti mengambil objek yang berkaitan dengan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan benchmarking penyelenggaraan kursus bahasa Inggris di LKP BEC Sumpiuh Kabupaten Banyumas yang memiliki visi misi dan kurikulum yang dikolaborasikan dengan pendidikan Islam dalam bentuk pengembangan diri peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang diperoleh dari sasaran responden dan informan melalui instrument pengumpulan data seperti angket, observasi, wawancara. Subjek penelitian ini melibatkan pimpinan, pendidik, peserta didik dan alumni LKP BEC Sumpiuh. Sedangkan keabsahan data diperkuat menggunakan triangulasi data yaitu menggabungkan dari berbagai cara pengumpulan data dan sumber data yang ada. Hasil penelitian ini mengidentifikasi proses benchmarking yang terbagi menjadi lima langkah yakni: (1) evaluasi diri; (2) perbandingan organisasi; (3) analisis dan adaptasi; (4) rencana dan implementasi; (5) umpan balik dan evaluasi. Meskipun ada beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, pimpinan LKP BEC Sumpiuh menyampaikan bisa beradaptasi dan memodifikasi beberapa praktik-praktik terbaik dari hasil benchmarking.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Benchmarking, kursus bahasa inggris, pendidikan islam, lembaga kursus dan pelatihan.
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
400 Language > 406 Organizations and management
400 Language > 420 English and Old English > 420.7 Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Umi Soliah sdri
Date Deposited: 27 Jun 2024 01:33
Last Modified: 27 Jun 2024 01:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25062

Actions (login required)

View Item View Item