PERAN GURU KELAS DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI MI MA'ARIF NU CIBEREM SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS

NENDI MUHAMMAD, BUDIAJI (2024) PERAN GURU KELAS DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI MI MA'ARIF NU CIBEREM SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN PROF KH SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img] Text
NENDI MUHAMMAD BUDIAJI_PERAN GURU KELAS DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI MI MA'ARIF NU CIBEREM SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS

Download (2MB)

Abstract

Peran pendidik atau guru sangat penting dalam pendidikan khususnya pada inovasi kegiatan pembelajaran termasuk perubahan kurikulum. Dewasa ini, dunia pendidikan mengalami berbagai perubahan, baik dalam konteks materi, media ajar, kurikulum, maupun pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Munculnya kurikulum baru yang digalakkan oleh Nadiem Anwar Makarim melalui Mendikbudristek pada Februari 2020, menjadi suatu alternatif terhadap pemulihan sistem pendidikan di Indonesia yang terdampak oleh pandemi. Kurikulum baru ini disebut sebagai kurikulum merdeka yang diharapkan mampu meminimalisir dampak dari kehilangan belajar (learning loss). Salah satu implementasi kurikulum merdeka sebagaimana terdapat dalam buku saku kurikulum merdeka menyatakan bahwa mata pelajaran IPA dan IPS digabung menjadi satu dengan nama IPAS. Peneliti berupaya untuk mendeskripsikan peran guru kelas dalam penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS di MI Ma’arif NU Ciberem Sumbang Kabupaten Banyumas. Lokasi yang diteliti adalah MI Ma’arif NU Ciberem Sumbang Kabupaten Banyumas dengan sumber data yang diperoleh dari kepala madrasah, guru kelas IV A, dan peserta didik kelas IV A. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif berupa kumpulan data, kata-kata atau kalimat dari gambaran yang ada dan bukan berupa angka atau perhitungan antara lain dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat beberapa peran guru kelas dalam penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS dikelas IV seperti guru sebagai pendidik, guru sebagai pengajar, guru sebagai sumber belajar, guru sebagai fasilitator, guru sebagai pembimbing, guru sebagai demonstrator, guru sebagai penasehat, guru sebagai pengelola, guru sebagai inovator, guru sebagai motivator, guru sebagai pelatih, serta guru sebagai elevator. Adapun peranan guru kelas tersebut diterapkan melalui beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan pembelajaran, tahap pelaksanaan pembelajaran, serta tahap evaluasi pembelajaran IPAS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Kelas, Kurikulum Merdeka, IPAS
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NENDI MUHAMMAD BUDIAJI sdr
Date Deposited: 26 Jun 2024 08:53
Last Modified: 26 Jun 2024 08:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25054

Actions (login required)

View Item View Item