PROSIDING: SEMINAR NASIONAL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA "PENGUATAN KARAKTER BANGSA MELALUI PENDIDIKAN"

Beniati, Lestyarini (2022) PROSIDING: SEMINAR NASIONAL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA "PENGUATAN KARAKTER BANGSA MELALUI PENDIDIKAN". In: SEMINAR NASIONAL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA, 20 April 2022, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LO ISI - PROSIDING WEBINAR UNY 2022 (25 Okt)-2-3_compressed.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PENGANTAR Pendidikan karakter yang menjadi kata kunci tema seminar nasional dalam rangka Dies UNY ke-58 ini, “Penguatan Karakter Bangsa melalui Pendidikan” merupakan aspek penting dari pendidikan secara umum, dan pilar penting bagi tegaknya suatu bangsa, dalam konteks ini tentu saja bangsa Indonesia. Pendidikan karater adalah usaha yang harus dilakukan dari jenjang pendidikan paling rendah hingga jenjang yang tertinggi secara terus-menerus. Bahkan tidak hanya dalam lembaga pendidikan formal saja tetapi juga harus melibatkan segala lini termasuk pendidikan nonformal. Pilar penting suatu bangsa ditunjukkan bagaimana masyarakat bangsa tersebut mampu menjunjung martabatnya lewat cerminan karakter para pribadinya. UNY sebagai salah satu lembaga pendidikan yang mencetak atau menghasilkan para pendidik yang menjadi salah satu agen perubahan atau pengusung nilai-nilai karakter bangsa menjadi institusi yang berperan sangat penting. Sejumlah guru atau tenaga pendidikan pada umumnya yang dihasilkan UNY telah dan tengah memberdayakan civitas akademikanya dan para alumninya untuk menegakkan kepribadian bangsa guna membangun karakter yang baik dalam menghadapi era milenial yang berlangsung sangat dinamis. Dalam rangka hal itulah, Dies UNY tahun ini, tema besar tersebut diangkat menjadi bahan bahasan dan diskusi sehari dalam bentuk webinar, seminar nasional secara daring. Tema besar berupa “Penguatan Karakter Bangsa melalui Pendidikan” ini dipilah-pilah lagi menjadi beberapa subtopik seperti: (1) inovasi pendidikan karakter di era digital, (2) pendidikan karakter dalam mendukung program merdeka belajar, (3) penguatan karakter 4C (critical thinking, creativity, communication, collaboration) dalam pembelajaran, (4) model pengembangan kurikulum berbasis karakter dan budaya bangsa, (5) integrasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran. Tema-tema tersebut disajikan oleh seorang keynote speaker, dua orang pembicara utama, dan 19 artikel peserta seminar yang diikuti secara daring yang terwakili dari ujung barat hingga timur Indonesia. Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hayu sebagai pembicara kunci menyampaikan makalah berjudul “Implementasi Filosofi Jawa dalam Pendidikan Karakter di Era Modern”. Kemudian, Prof. Suyanto, Ph.D., dan Prof. Dr. Zamzani, M.Pd. sebagai pembicara utama secara berturut-turut menyampaikan makalah berjudul “Penguatan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan” dan “Refleksi Pendidikan Karakter Kita”. Selanjutnya ke-19 pemakalah yang berasal dari berbagai instansi, lembaga pendidikan, alumni UNY, dan masyakat menyajikan sejumlah artikel yang relatif beragam meski masih dalam koridor tema utama seminar ini. Beberapa pemakalah itu antara lain menyampaikan peran penting Pancasila sebagai dasar negara yang menjadi pilar karakter bangsa seperti pada artikel yang berjudul “Pendidikan Multikultural Berbasis Nilai-nilai Pancasila (Abdulah). Selain itu juga ada topik pembelajaran bahasa seperti dalam pembelajaran bahasa Inggris ataupun dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) yang berkaitan dengan karakter ataupun pendidikan karakter. Hal ini misalnya diungkap dalam artikel: “Empowering Learners’ Language and Cultural Identity in Practice for Multicultural English Language Classroom” (Sahnaz Natasya Fath) dan dalam artikel yang berjudul “Interpretasi Pendidikan Karakter sebagai Kunci Keberhasilan dalam Pembelajaran BIPA” (Indah Nur Amalia). Tidak hanya itu, tema pendidikan karakter juga dikaitkan dengan sejumlah karya sastra ataupun seni tari seperti terdapat dalam artikel-artikel berikut: “Pembelajaran Sastra Berwawasan Interkultural” (Dwi Budiyanto dan Diyan F. Zahro), “Pendidikan Karakter dalam vi Roman Et Après Karya Guillaume Musso” (Raditya Samudra Permadi dan Yeni Artanti), dan “Konsep Karakter Joged Mataram dalam Pendidikan Tari dan Kehidupan dalam Masyarakat” (Yuli Sectio Rini). Tema-tema lainnya yang terkait dengan karakter bangsa ataupun pendidikan karakter banyak dibahas artikel-artikel lainnya yang terkompilasi dalam prosiding ini. Termasuk salah satu artikel yang membahas tentang geografi milenial sebagaimana terdapat dalam artikel Evi Fitriana yang berjudul “Urgensi Pengembangan Kurikulumm Geografi Berbasis Kewilayahan Menuju Society 5.0”. Semoga tulisan-tulisan yang terkumpul dalam prosiding hasil seminar nasional (webinar) ini dapat menjadi bahan diskusi kita dalam memperkaya wawasan akan peran pentingnya pendidikan, khususnya pendidikan karakter, bagi Indonesia. Yogyakarta, 20 April 2022 Paniti

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: DAFTAR ISI Halaman Judul .............................................................................................................................................. i Pengantar ........................................................................................................................................................ v Susunan Acara............................................................................................................................................... vii Daftar Pemakalah Pendamping.............................................................................................................. ix Daftar Isi .......................................................................................................................................................... xi Refleksi Pendidikan Karakter Kita ................................................................................................. 1 ~ Zamzani Pendidikan Multikultural Berbasis Nilai-Nilai Pancasila................................................... 7 ~ Abdulah Empowering Learners’ Language And Cultural Identity In Practice For Multicultural English Language Classroom................................................................................. 17 ~ Sahnaz Natasya Fath Pembelajaran BIPA Daring : Sebuah Tantangan Pembelajaran Inovatif Kreatif Berbasis Teknologi................................................................................................................................... 27 ~ Ari Kusmiatun, Siti Kholifah, Deyla Octa Prasasti Pendidikan Karakter dalam Roman Et Après karya Guillaume Musso...................... 35 ~ Raditya Samudra Permadi, Yeni Artanti Interpretasi Pendidikan Karakter Sebagai Kunci Keberhasilan dalam Pembelajaran BIPA .................................................................................................................................. 45 ~ Indah Nur Amalia Urgensi Pengembangan Kurikulum Geografi Berbasis Kewilayahan Menuju Society 5.0...................................................................................................................................................... 57 ~ Evi Fitriana, Mukminan, Dyah Respati Suryo Sumunar Analisis Butir Soal HOTS pada soal Teks Sastra TPM ASPD Bahasa Indonesia SMP/MTs Kota Yogyakarta .................................................................................................................. 71 ~ Rizka Abri Pradani Penguatan Karakter 4c (Critical Thinking, Creativity, Communication, Collaboration).............................................................................................................................................. 79 ~ Uci Ulfa Nur Afifah Domain Efektif Induk Pendidikan Karakter .............................................................................. 85 ~ Rahma Kurnia Novitasari xii Modul Digital pada Materi Teks Deskripsi Bagi Bagi Siswa SMP Kelas VII............... 93 ~ Kasmi Awaliyah, Hermanto Use of Social Media for Collaborative Learning in Online Learning: A Literature Review.............................................................................................................................................................. 99 ~ Wahyu Suci, Suyitno Muslim, Uwes Anis Chaeruman Boosting Writing Ability Using Log Conferencing Teachnique for Non English Department Students ............................................................................................................................... 109 ~ Retma Sari Penguatan Karakter Kewirausahaan dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SMK........................................................................................................................................ 113 ~ Didik Siswanto Merancang Pembelajaran Menulis Sastra Berwawasan Ekoliterasi............................ 117 ~ Dwi Budiyanto, Diyan F. Zahro Nilai Pendidikan Karakter Religius dalam Cerita Dongeng pada Buku Tematik Kelas 2 Tema 7 Sekolah Dasar ........................................................................................................... 129 ~ Tri Yudha Setiawan, Alken Irwan Pembentukan Karakter Generasi Muda Melalui Pendidikan Seni Budaya .............. 133 ~ Enis Niken Herawati, Isnaini Mukharomah Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel My Keeper Sister’s Karya Jodi Pocoult dan Relevansinya di Zaman Modern ............................................................................ 141 ~ Novita Joged Mataram: Konsep Tari yang Diterapkan dalam Kehidupan Masyarakat..... 149 ~ Yuli Sectio Rini Integrasi Nilai-Nilai Karakter Perempuan Jawa yang Diidealkan (dalam Dunia Pewayangan dan Dunia Sastra) ke dalam Pendidikan Nonformal................................ 155 ~ Esti Ismawati Sosiologi Sastra sebagai Telaah Kritis Penghela Pendidikan Karakter Bangsa..... 163 ~ Doni Uji Windiatmoko Analisis Moral Tokoh Utama dalam Novel “Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam” Karya Dian Purnomo................................................................................................ 171 ~ Intan Zuhrotun Nafi’ah Pendidikan Karakter pada Program Asistensi Mengajar................................................... 181 ~ Novita Pri Andini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Perpustakaan
Depositing User: Sdri Ayuk Kusumaningrum
Date Deposited: 26 Jun 2024 03:23
Last Modified: 26 Jun 2024 03:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25050

Actions (login required)

View Item View Item