Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Materi Pemerintahan Pusat dengan Strategi Jigsaw Pada Siswa Kelas VI MI Ma’arif NU Kalisari Cilongok Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017

Janurul, Havivah (2017) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Materi Pemerintahan Pusat dengan Strategi Jigsaw Pada Siswa Kelas VI MI Ma’arif NU Kalisari Cilongok Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text
JANURUL HAVIVAH_PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI PEMERINTAHAN PUSAT D.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di kelas VI MI Ma’arif NU Kalisari untuk meningkatkan hasil belajar siswa. PTK ini dilatarbelakangi oleh penguasaan siswa terhadap materi pemerintahan pusat yang rendah, sehingga hasil belajar siswa banyak yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Untuk melaksanakan PTK, peneliti memilih menggunakan strategi jigsaw pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi pemerintahan pusat. Materi pemerintahan pusat merupakan materi yang tidak mudah bagi siswa MI. Peneliti memilih menggunakan strategi jigsaw karena srategi jigsaw dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan menumbuhkan semangat kebersamaan antar siswa. Selanjutnya, PTK ini dilakukan melalui prosedur alur penelitian yang meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observai, dan refleksi. Prosedur tersebut dilakukan dalam 2 siklus. Dimana setelah 2 siklus dianggap cukup untuk menjawab masalah penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan strategi jigsaw pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaran materi pemerintahan pusat sangat membantu siswa dalam memahami materi pemerintahan pusat. Hal ini dibuktikan dengan hasil evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir pembelajaran masing-masing siklus. Dimana setiap siklus menunjukan peningkatan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata sebelum dilakukan PTK adalah 64, kemudian meningkat setelah dilakukan penelitian pada siklus 1 menjadi 73 dan pada siklus II menjadi 83. Demikian juga dengan tingkat ketuntasan siswa meningkat. Sebelum tindakan ganya 37%, kemudian meningkat pada siklus 1 menjadi 63% dan pada siklus II mencapai 83%. Dengan demikian strategi jigsaw menjadi salah satu strategi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar khususnya pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi pemerintahan pusat. Tentunya pemilihan strategi pembelajaran harus memperhatikan kefektifan dan kesesuaian dengan materi dan kondisi siswa. Dengan pemilihan strategi pembelajaran yang sesuai akan menghasilkan pembelajaran yang aktif, kreatif efektif dan menyenangkan serta tercapainya kompetensi yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan hasil belajar, strategi jigsaw
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 26 Jul 2017 03:28
Last Modified: 26 Jul 2017 03:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2504

Actions (login required)

View Item View Item