PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Mauliya Nandra, Arif Fani (2024) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Mauliya Nandra Arif Fani_Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Literasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan mengembangkan model pembelajaran berbasis literasi pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII SMP dengan materi “Meneladani Produktivitas dalam Berkarya dan Semangat Literasi Masa Keemasan Islam Era Daulah Abbasiyah (750-1258 M)”. Materi ini digunakan sebagai bentuk materi sejarah di mana peserta didik sering merasa bosan dengan pembelajaran sejarah sehingga dapat dikembangkan model pembelajaran yang menyenangkan dan diharapkan mengatasi kebosanan peserta didik. Perkembangan zaman telah mengarahkan dunia pendidikan untuk mengembangkan literasi sehingga menjadi program dalam kurikulum yang sedang dijalankan. Gerakan literasi menjadi perlu dikembangkan dalam suatu model pembelajaran. Untuk itu, model pembelajaran harus diinovasi oleh guru, dalam penelitian ini khususnya pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang mengacu kepada teori Dick and Carrey. Penelitian ini diawali dengan mengidentifikasi tujuan pembelajaran, melakukan analisis pembelajaran, melakukan analisis karakteristik peserta didik, merumuskan tujuan pembelajaran, mengembangkan instrumen penelitian, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan materi ajar, merancang evaluasi formatif, dan melakukan revisi bahan ajar. Penelitian dilakukan uji coba model pembelajaran kepada 40 peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto dan SMP PGRI 1 Cilongok. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi menggunakan instrumen pengumpulan data berupa form validasi dan lembar evaluasi peserta didik. Kemudian, data dianalisis menggunakan teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Dari penelitian ini, hasil validasi ahli menunjukkan bahwa model pembelajaran valid 84% dan materi pembelajaran yang dirancang dengan berbasis literasi valid 82%. Kemudian, model pembelajaran dilakukan revisi sesuai arahan validator dan dilakukan uji coba. Hasil dari uji coba menunjukkan efektivitas model pembelajaran sebesar 90% pada aspek afektif, 75% pada aspek kognitif, dan 75% pada aspek psikomotor dengan rata-rata minat baca peserta didik pada mata pelajaran pada penelitian ini mendekati 100%. Sebanyak 39 dari 40 peserta didik menunjukkan sikap gemar membaca.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Literasi, Minat Baca, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mauliya Nandra Arif Fani
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:41
Last Modified: 26 Jun 2024 02:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25038

Actions (login required)

View Item View Item