MODEL PENDIDIKAN INTEGRATIF DALAM PENANAMAN NILAI DASAR AHLUSSUNAH WAL JAMA’AH AN NAHDLIYAH DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KABUPATEN BANYUMAS

Saiful, Hamdi (2024) MODEL PENDIDIKAN INTEGRATIF DALAM PENANAMAN NILAI DASAR AHLUSSUNAH WAL JAMA’AH AN NAHDLIYAH DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KABUPATEN BANYUMAS. Doctoral thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Disertasi Saiful Hamdi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pada implementasi model pendidikan integratif dalam penanaman nilai dasar Ahlussunah Wal Jama'ah An Nahdliyah di MI Ma'arif NU 1 Pageraji, Kabupaten Banyumas. Tujuan utama adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis cara penerapan dan efektivitas dari model pendidikan yang diterapkan di lembaga pendidikan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan kerangka fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga metode utama: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data melibatkan pengurangan data, penyajian data secara sistematis, dan verifikasi untuk memastikan keakuratan hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pendidikan integratif di MI Ma'arif NU 1 Pageraji diimplementasikan melalui kegiatan pembelajaran yang terstruktur, pembiasaan nilai-nilai kultural dan spiritual, serta ekstrakurikuler yang mendukung pembentukan karakter siswa. Dalam hal pembiasaan, kegiatan rutin seperti menyapa dengan senyum, salam, dan jabat tangan, membaca asmaul husna, melaksanakan shalat dhuha dan shalat dhuhur secara berjamaah, serta berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran menjadi inti kegiatan. Kegiatan spontan termasuk istighosah, mengunjungi teman yang sakit, dan ta’ziyah, sementara kegiatan keteladanan mencakup berpakaian rapi, ketepatan waktu, dan penggunaan bahasa yang baik. Kegiatan pengkondisian mencakup infaq di hari Jum'at dan peringatan hari-hari besar Islam seperti Isra' Mi'raj, 1 Muharram, dan Maulid Nabi. Roudhatul Tilawatil Qur'an menekankan pada tahfid dan pesantren madrasah. Kegiatan ekstrakurikuler diadakan melalui organisasi Pagar Nusa dan hadroh. Model pendidikan integratif yang diadopsi di MI Ma'arif NU 1 Pageraji mengombinasikan model keterhubungan (connected) dan model bagian (shared), melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini memiliki keterbatasan dalam metode, hanya menyoroti interaksi antara guru dan siswa dalam implementasi model pendidikan integratif untuk menanamkan nilai-nilai dasar Ahlussunah Wal Jama’ah An Nahdliyah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Doktoral (S3) Islamic Interdisiplinary
Depositing User: Sdri Ayuk Kusumaningrum
Date Deposited: 25 Jun 2024 06:38
Last Modified: 25 Jun 2024 06:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25035

Actions (login required)

View Item View Item