IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TPQ ASSAMARQONDI DESA DUKUH TENGAH KECAMATAN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES

Sirendha, Sasajendhra Bayu Ningrat (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TPQ ASSAMARQONDI DESA DUKUH TENGAH KECAMATAN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Sirendha Bayu_Implementasi Pendidikan Agama Islam di TPQ Assamarqondi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi diantaranya karena kemajuan teknologi yang mudah diakses oleh berbagai kalangan, terlebih anak-anak. Akibatnya banyak anak-anak yang enggan untuk mencari ilmu diluar pendidikan formal, terlebih sekolah yang berbasis keagamaan. Untuk memperkuat permasalahan ini, diperlukan pemikiran-pemikiran dan tindakan yang dapat mencegah kemerosotan moralitas lebih lanjut. Salah satu solusinya adalah dengan mendidik generasi sekarang untuk memperdalam nilai-nilai agama sejak dini. Kita harus menanamkan pada anak pentingnya moralitas, etika kemanusiaan dan pemahaman agama. Majelis Taklim Assamarqondi desa Dukuh Tengah merupakan respon terhadap permasalahan kemerosotan nilai-nilai agama di era globalisasi. Karena anak-anak saat ini semakin sedikit menerima ilmu agama di sekolah formal, maka dengan adanya majelis taklim ini kebutuhan anak akan ilmu agama tercukupi. Alhasil, selain siswa menjadi cerdas secara umum, mereka juga dibekali dengan nilai-nilai agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan. Objek penelitian ini adalah pengasuh, guru dan anak santri di lingkungan taklim Assamarqandi desa Dukuh Tengah. Teknik penelitian ini menggunakan teknik studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Dukuh Tengah, RT 07/RW 01, Ketanggungan Brebes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan agama Islam di Majelis Taklim Assamarqondi melalui lembaga pendidikan Taman Pendidikan al-Qur’annya, menghasilkan bahwa Implementasi Pendidikan Agama Islam di TPQ Assamarqondi dilaksanakan dengan tiga tahap, yaitu tahap perencanaan meliputi tujuan dan kurikulum yang dikembangkan sendiri berdasarkan perkembangan dan kebutuhan masyarakat sekitar. Selanjutnya tahap pelaksanaan meliputi materi, media, metode, serta pendekatan yang dilakukan sesuai dengan kemampuan pengajar. Terakhir tahap evaluasi yang dilakukan untuk mengetahui pemahaman santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Agama Islam dan TPQ
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sirendha Sasajendhra Bayu Ningrat sdri
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:42
Last Modified: 26 Jun 2024 02:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25028

Actions (login required)

View Item View Item