PENGARUH FAKTOR KEAMANAN, KEPERCAYAAN, AKUNTABILITAS PERUSAHAAN DAN LITERASI KEUANGAN DIGITAL TERHADAP MINAT GENERASI Z BERDONASI ONLINE MELALUI PLATFORM CROWDFUNDING DI WILAYAH PURWOKERTO

Ikomatul, Lutfiah (2024) PENGARUH FAKTOR KEAMANAN, KEPERCAYAAN, AKUNTABILITAS PERUSAHAAN DAN LITERASI KEUANGAN DIGITAL TERHADAP MINAT GENERASI Z BERDONASI ONLINE MELALUI PLATFORM CROWDFUNDING DI WILAYAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
IKOMATUL LUTFIAH_PENGARUH FAKTOR KEAMANAN, KEPERCAYAAN, AKUNTABILITAS PERUSAHAAN DAN LITERASI KEUANGAN DIGITAL TERHADAP MINAT GENERASI Z BERDONASI ONLINE MELALUI PLATFORM CROWDFUNDING DI WILAYAH PUR.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari dampak adanya internet sangat bisa dirasakan, terutama dampak internet dikalangan generasi Z yang sangat besar. Kemajuan teknologi internet di Indonesia membawa banyak perubahan di segala bidang kehidupan. Salah satu perubahan yang paling signifikan yaitu banyaknya generasi Z saat ini yang lebih menggemari pembayaran menggunakan e-payment dibandingkan dengan transaksi langsung. Adanya internet yang canggih digunakan juga sebagai sarana pendukung kegiatan donasi online melalui platform crowdfunding hal ini dimanafaatkan untuk mempercepat penyebaran informasi dan memperluas jaringan aktivitas sosial. Penelitian ini memfokuskan pada empat variabel bebas yaitu faktor keamanan, kepercayaan, akuntabilitas perusahaan dan literasi keuangan digital yang dapat mempengaruhi minat generasi Z untuk melakukan donasi online melalui platform crowdfunding di wilayah Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik Convenience Sampling untuk pengambilan sampelnya. Populasinya merupakan seluruh generasi Z yang berada di wilayah Purwokerto dengan jumlah sampel sebanyak 105 responden. Menggunakan 4 variabel bebas yaitu faktor keamanan, kepercayaan, akuntabilitas perusahaan dan literasi keuangan digital serta 1 variabel terikat yaitu minat. Metode pengumpulan data menggunakan angket kuesioner yang disebar kepada responden secara langsung dan melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dan mengolah datanya menggunakan IBM SPSS versi 26. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel kepercayaan dan literasi keuangan digital berpengaruh signifikan terhadap minat berdonasi online sedangkan variabel faktor keamanan dan akuntabilitas perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berdonasi online. Secara simultan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor keamanan, kepercayaan, akuntabilitas perusahaan dan literasi keuangan digital berpengaruh signifikan terhadap minat generasi Z berdonasi online melalui platform crowdfunding di wilayah Purwokerto. Kata Kunci: Faktor Keamanan, Kepercayaan, Akuntabilitas Perusahaan, Literasi Keuanagan Digital, Minat Berdonasi Online, Generasi Z.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Faktor Keamanan, Kepercayaan, Akuntabilitas Perusahaan, Literasi Keuanagan Digital, Minat Berdonasi Online, Generasi Z.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ikomatul Lutfiah sdri
Date Deposited: 24 Jun 2024 02:15
Last Modified: 24 Jun 2024 02:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24991

Actions (login required)

View Item View Item