IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP SEMANGAT BELAJAR ANAK DI TK AL HIKMAH 02 BENDA KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES

FIATHUL, UMAROH (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP SEMANGAT BELAJAR ANAK DI TK AL HIKMAH 02 BENDA KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fiathul Umaroh_Implementasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Terhadap Semangat Belajar Anak di TK Al-Hikmah 02 Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi sangat pesat termasuk pada bidang pendidikan memberikan banyak sekali perubahan salah satunya pada proses pembelajaran yaitu kurikulum. Kurikulum merupakan hal yang sangat penting dalam proses pendidikan karena menjadi pusat, proses dan pedoman hingga sumber supaya tercapai sesuai dengan tujuan. Kurikulum Merdeka diharapkan dapat memulihkan dan memperbaiki pembelajaran setelah masa pandemi. Kurikulum merdeka membebaskan guru untuk menentukan topik pembelajaran menyesuaikan lingkungannya dan membebaskan anak berkreasi dengan baik. TK Al-Hikmah 02 Benda merupakan TK dengan murid terbanyak dikecamatan Sirampog. Oleh karenanya pembelajaran kurikulum merdeka di TK Al-Hikmah 02 Benda apakah dapat mengimplementasikan pembelajaran kurikulum merdeka dan memberikan semangat belajar kepada anak. Tujuan penelian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran kurikulum merdeka terhadap semangat belajar anak di TK Al-Hikmah 02 Benda.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dalam bentuk penelitian lapangan (field research), subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru dan Peserta didik. Objek penelitian ini adalah implementasi pembelajaran kurikulum merdeka dan semangat belajar anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran kurikulum merdeka terhadapat semangat belajar anak yaitu guru pada proses pembelajaran mengacu pada model pembelajaran yang dianjurkan oleh Kemendikbud yaitu model pembelajaran project,model pembelajaran inquiry, dan model pembelajaran index card match. Yang akan menjadikan anak memiliki perasaan semangat dalam pembelajaran adalah perasaan senang, perasaan tertarik dan perhatian seorang anak. Dari sinilah pembelajaran di TK Al-Hikmah 02 Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes dapat mengimplementasikan pembelajaran dan dapat membuat anak semangat dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pembelajaran, Kurikulum Merdeka, Semangat Belajar.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fiathul Umaroh sdri
Date Deposited: 21 Jun 2024 03:01
Last Modified: 21 Jun 2024 03:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24986

Actions (login required)

View Item View Item