NILAI IKHLAS DAN SABAR DALAM FILM AIR MATA DI UJUNG SAJADAH KARYA KEY MANGUNSONG

Maulida, Solikhah (2024) NILAI IKHLAS DAN SABAR DALAM FILM AIR MATA DI UJUNG SAJADAH KARYA KEY MANGUNSONG. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MAULIDA RIZQI SOLIKHAH_NILAI IKHLAS DAN SABAR DALAM FILM AIR MATA DI UJUNG SAJADAH KARYA KEY MANGUNSONG.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Permasalahan peserta didik dalam hal ikhlas dan sabar seringkali muncul diberbagai situasi. Salah satu permasalahan utama adalah kesulitan dalam menerapkan ikhlas dalam belajar. Hal ini bisa menyebabkan stres dan tekanan yang berlebihan. Selain itu, sabar juga menjadi tantangan bagi peserta didik. Kesabaran dalam menghadapi tugas yang sulit, proses yang lama serta menunggu hasil yang diinginkan seringkali menguji emosi mereka. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan media film. Adapun film yang menyajikan tentang nilai ikhlas dan sabar adalah film Air Mata di Ujung Sajadah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi nilai ikhlas dan sabar dalam film Air Mata di Ujung Sajadah dan mendeskripsikan relevansi nilai ikhlas dan sabar dalam film Air Mata di Ujung Sajadah dengan pendidikan agama Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian adalah penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Adapun hasil penelitian terkait nilai ikhlas dan sabar dalam film Air Mata di Ujung Sajadah, maka dapat disimpulkan bahwa dalam plot yang dipaparkan terdapat nilai ikhlas sebagai berikut: lillahi ta’ala, perasaan positif, kemauan sendiri, bukan karena adanya paksaan. Sedangkan nilai sabar berupa sabar terhadap ujian dan cobaan Allah. Kemudian terdapat relevansi nilai ikhlas dan sabar dalam film Air Mata di Ujung Sajadah dengan materi pendidikan agama Islam yaitu Pertama, menguatkan iman dengan menjaga, kehormatan, ikhlas, malu, dan zuhud. Kedua, mawas diri dan intropeksi dalam menjalani hidup. Ketiga, menghormati dan menyayangi orang tua dan guru. Keempat, menghindari akhlak madzmumah dan membiasakan akhlak mahmudah agar hidup nyaman dan berkah. Kelima, sabar dalam menghadapi musibah dan ujian. Kata kunci: Nilai Ikhlas dan Sabar, film Air Mata di Ujung Sajadah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Ikhlas dan Sabar, film Air Mata di Ujung Sajadah
Subjects: 700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulida Rizqi Solikhah Sdri
Date Deposited: 20 Jun 2024 01:57
Last Modified: 20 Jun 2024 01:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24972

Actions (login required)

View Item View Item