PENDIDIKAN KARAKTER TOLERANSI BERAGAMA DALAM FILM ANIMASI DIVA THE SERIES DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Novi Suci, Setianingrum (2024) PENDIDIKAN KARAKTER TOLERANSI BERAGAMA DALAM FILM ANIMASI DIVA THE SERIES DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NOVI SUCI SETIANINGRUM_PENDIDIKAN KARAKTER TOLERANSI BERAGAMA DALAM FILM ANIMASI DIVA THE SERIES .pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Toleransi beragama merupakan bagian dari nilai pendidikan karakter dan merupakan bagian penting dalam pendidikan sejak usia dini. Anak-anak perlu dikenalkan dan diperlihatkan contoh nyata toleransi beragama sejak dini. Penanaman karakter toleran sedini mungkin diharapkan menjadi landasan dalam mengembangkan karakter baik di masa dewasa, agar tidak menjadi pribadi yang intoleran di kemudian hari, terutama dalam masalah agama. Anak kecil sering kali senang dengan aktivitas menonton, terutama film animasi di TV atau YouTube. Salah satu film animasi yang ada adalah Diva The Series yang berisi pendidikan karakter toleransi beragama dan relevan dengan pendidikan anak usia dini. Orang tua dan guru dapat mendampingi dan membimbing anaknya dalam menonton film animasi Diva The Series, sehingga anak tidak hanya dapat terhibur, tetapi juga mendaptkan Pendidikan yaitu toleransi beragama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pendidikan karakter toleransi beragama dalam film animasi Diva The Series serta relevansi film animasi Diva The Series dengan Pendidikan Anak Usia Dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi (content analysis), di mana peneliti menganalisis teks berupa video film animasi Diva The Series dalam saluran YouTubenya sserta dokumen pendukung lainnya sebagai sumber data dan kajian terhadap pendidikan karakter toleransi beragama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film animasi Diva The Series dalam episode “Gong Xi Fa Cai”, “Pergi Tadarus”, ”Patroli Sahur”, “Lebaran Bersama Babeh”, dan “Kunjungan Hari Raya” memuat adanya indikator sikap toleransi beragama yaitu menghargai dan memberikan hak orang lain yang berbeda agama dalam melakukan ajaran agamanya, saling menghormati perbedaan pendapat, bersedia melakukan kerja sama dengan teman yang berbeda agama, suku, ras, etnis. dan memiliki kemauan bersahabat dan tolong menolong dengan teman yang berbedan. Hasil berikutnya relevansi film animasi Diva The Series dengan pendidikan anak usia dini yaitu adanya relevansi antara film animasi Diva The Series dengan metode pendidikan anak usia dini menurut islam yang di antaranya adalah metode keteladanan, pembiasaan, nasihat, dan cerita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Toleransi Beragama, Film Animasi Diva The Series, Pendidikan Anak Usia Dini.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdri Novi Suci Setianingrum
Date Deposited: 19 Jun 2024 03:23
Last Modified: 19 Jun 2024 03:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24962

Actions (login required)

View Item View Item