PERSONAL BRANDING USTADZ FELIX SIAUW PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Analisis Personal Branding pada Akun Instagram @felix.siauw)

Muhamad Anas, Nur hasan lutfi (2024) PERSONAL BRANDING USTADZ FELIX SIAUW PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Analisis Personal Branding pada Akun Instagram @felix.siauw). Skripsi thesis, UIN PROF. K. H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Muhamad Anas Nur Hasan Lutfi_PERSONAL BRANDING USTADZ FELIX SIAUW PADA--MEDIA SOSIAL INSTAGRAM--(Analisis Personal Branding pada Akun Instagram @felix.siauw).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komunikasi sejatinya telah ada dari zaman dahulu, namun melalui perkembangan zaman komunikasi pun mengalami perkembangan yang cukup pesat. Teknologi komunikasi bermunculan seiring dengan perkembangan zaman. Saat ini perkembangan teknologi dikenal dengan new media dimana teknologi ini berbasis pada internet, seperti Facebook, Whatsapp, Instagram, Telegram dan lain sebagainya. Seseorang dalam penggunaan media baru seperti Instagram dapat digunakan sebagai alat komunikasi, berbagi pesan mengirim informasi dan juga dapat digunakan sebagai media branding. Seperti yang dilakukan ustadz Felix Siauw yang memanfaatkan Instagram pribadinya untuk melakukan brand dirinya dengan membagikan aktifitas sehari-harinya melalui Instagram. Peneliti ingin membedah aktifitas Instagram ustadz Felix Siauw dengan 8 teori personal branding milik Peter Montoya apakah sesuai dengan apa yang dilakukan dalam kesehariannya atau hanya sebuah konten di media sosial semata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan model kualifikasi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan atau verifikasi, dengan menginterpretasikan dan menganalisis data-data yang ada berdasarkan teori yang digunakan peneliti untuk menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yang dilakukan pada aktifitas intagram ustadz Felix Siauw dapat menunjukan bahwa personal branding ustadz Felix Siauw dapat memenuhi 8 konsep personal branding Peter Montoya yaitu ditemukanya kepribadian beliau yang ramah kepada pengikutnya dan memiliki citra khas seorang mualaf dari etnis Tionghoa yang melakukan dakwah kepada para kaum muda. Keteguhannya dalam melakukan branding dirinya serta aktifitas dakwahnya mempu membentuk citra yang dibangun dan tertanam dalam benak masyarakat. Akan tetapi peneliti mengambil sisi respon negative yang terdapat dalam akun Instagram ustadz Felix untuk dapat mengimbangi pembentukan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Da’i, Instagram
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhamad Anas nur hasan lutfi sdr
Date Deposited: 19 Jun 2024 02:10
Last Modified: 19 Jun 2024 02:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24954

Actions (login required)

View Item View Item