BENTUK PENGHORMATAN SANTRI TERHADAP KYAI (STUDU BANDING ANTARA PONDOKPESANTREN AL-HIDAYAH KARANGSUCI DENGAN PONDOK RAUDHATUL FUHUM YAHA, YALA, THAILAND SELATAN)

Ahmad, Hajibaraheng (2024) BENTUK PENGHORMATAN SANTRI TERHADAP KYAI (STUDU BANDING ANTARA PONDOKPESANTREN AL-HIDAYAH KARANGSUCI DENGAN PONDOK RAUDHATUL FUHUM YAHA, YALA, THAILAND SELATAN). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Lukman revisi skripsi Bentuk penghormatan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan membandingkan bentuk penghormatan santri terhadap kyai di Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci, Indonesia, dan Pondok Raudhatul Fuhum, Yaha, Thailand Selatan. bentuk penghormatan santri terhadap kyai menjadi fokus utama dalam memahami dinamika hubungan antara santri dan kyai di dua konteks kepesantrenan yang berbeda budaya dan geografis. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi partisipatif dan wawancara mendalam. Sampel penelitian terdiri dari santri dari kedua pesantren yang dipilih secara purposif. Data dianalisis menggunakan metode analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan dalam bentuk penghormatan santri terhadap kyai antara kedua pesantren. Di Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci, penghormatan santri terhadap kyai tercermin dalam ketaatan yang kuat terhadap otoritas kyai, serta tradisi pembelajaran yang berpusat pada kyai sebagai figur sentral. Sementara itu, di Pondok Raudhatul Fuhum, penghormatan santri terhadap kyai ditandai dengan keseimbangan antara otoritas kyai dan interaksi yang lebih egaliter antara santri dan kyai. KATA KUNCI: bentuk Penghormatan, Santri, Kyai, Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI: Bentuk Penghormatan, Santri, Kyai, Pondok Pesantren.
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli
300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lukman Hajibaraheng sdr
Date Deposited: 14 Jun 2024 06:53
Last Modified: 14 Jun 2024 06:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24939

Actions (login required)

View Item View Item