EKSPLORASI PEMBELAJARAN OUTING CLASS ANAK USIA DINI DI RA MUSLIMAT NU MASYITHOH 13 SOKARAJA LOR

NUR ROHIMAH, ABDUL KOHAR PUTRI (2024) EKSPLORASI PEMBELAJARAN OUTING CLASS ANAK USIA DINI DI RA MUSLIMAT NU MASYITHOH 13 SOKARAJA LOR. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nur Rohimah Abdul Kohar Putri_EKSPLORASI PEMBELAJARAN OUTING CLASS ANAK USIA DINI DI RA MUSLIMAT NU MASYITHOH 13 SOKARAJA LOR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan anak usia dini berperan penting dalam membentuk fondasi perkembangan anak. Eksplorasi pembelajaran outing class telah menjadi fokus perhatian dalam konteks pendidikan anak usia dini sebagai alternatif dari pembelajaran konvensional di dalam ruang kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak kegiatan outing class terhadap perkembangan anak usia dini. Pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus di gunakan utuk memperoleh wawasan yang mendalam tentang pengalaman anak-anak dalam kegiatan outing class. Partisipan yang terdiri dari seluruh siswa RA Muslimat NU Masyithoh 13 Sokaraja Lor dan guru kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan analisis hasil penelitian. Pada RA Muslimat NU Masyithoh 13 Sokaraja Lor kegiatan outing class diadakan secara seksama, pada kelas A 30% anak belum mengenal alam secara luas, hal ini dikarenakan kelas A belum terbiasa seperti kelas B yang sudah mengikuti kegiatan outing class sejak berada di kelas A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan outing class memberikan pengalaman belajar yang unik dan menarik bagi anak-anak, memfasilitasi pengembangan keterampilan sosial, kognitif dan motorik. Lingkungan alam yang ditawarkan oleh kegiatan outing class memberikan stimulasi sensorik yang kaya, menumbuhkan rasa ingin tahu, dan memperkuat hubungan anak dengan alam. Temuan ini mendukung pentingnya integrasi pembelajaran di luar ruangan dalam kurikulum pendidikan anak usia dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Outing Class, Pembelajaran di Luar Ruangan.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: NUR ROHIMAH ABDUL KOHAR PUTRI sdr
Date Deposited: 19 Jun 2024 01:39
Last Modified: 19 Jun 2024 01:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24928

Actions (login required)

View Item View Item