PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI 3 KEMBANGAN

Handini, Nindya Anggita (2024) PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI 3 KEMBANGAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
HANDINI NINDYA ANGGITA_PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI 3 KEMBANGAN BUKATEJA PURBALINGGA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Abstrak : Proses pembelajaran IPA siswa masih kurang aktif dan asik dengan kesibukkannya masing-masing serta tidak memperhatikan pembelajaran yang sedang berlangsung. Media pembelajaran menempati posisi yang strategis dalam proses pembelajaran karena menjadi perantara informasi pengetahuan dari guru kepada siswanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap keaktifan siswa pada mata pembelajaran IPA Materi Alat Pernapasan pada Manusia.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental dengan desain penelitian one shot case study. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa. Metode pegumpulan data dengan angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear sederhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil observasi keaktifan siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media gambar mendapat nilai rata-rata akhir sebesar 83.5, menunjukkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA sangat antusias dengan kategori sangat baik. Hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media instagram terhadap keaktifan belajar dengan persentase hubungan kedua variabel sebesar 63% dan 37% dipengaruhi oleh faktor luar seperti lingkungan. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai uji thitung > ttabel atau 3,450 < 2,101. Simpulan penelitian yaitu media gambar berpengaruh terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 3 Kembangan Bukateja Purbalingga. Oleh sebab itu, media gambar efektif diterapkan dalam pembelajaran IPA Materi Alat Pernapasan pada Manusia. Kata Kunci : Keaktifan siswa, Media gambar, Pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Keaktifan siswa, Media gambar, Pembelajaran IPA
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Handini Nindya Anggita
Date Deposited: 13 Jun 2024 06:06
Last Modified: 13 Jun 2024 06:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24924

Actions (login required)

View Item View Item