PENERAPAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK ANAK USIA DINI DALAM PENGENALAN HURUF DI RA AL HIDAYAH PESAWAHAN

Muffi, Taofah (2024) PENERAPAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK ANAK USIA DINI DALAM PENGENALAN HURUF DI RA AL HIDAYAH PESAWAHAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Muffi Taofah_Penerapan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini dalam pengenalan huruf di RA Al Hidayah Pesawahan.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan Linguistik merupakan salah satu aspek perkembangan yang kursial pada anak usia dini. Keterampilan bahasa mempengaruhi kemampuan anak dalam berkomunikasi, membaca, menulis, dan menyimak, yang merupakan dasar dari proses belajar selanjutnya. Pengenalan huruf adalah langkah awal dalam perkembangan bahasa atau linguistik anak. Menggunakan media flashcard sebagai alat bantu pembelajaran dapat memberikan rangsangan visual yang menarik dan mempermudah anak dalam mengingat serta mengenali huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terkait bagaimana penerapan yang guru lakukan dalam meningkatkan kecerdasan linguistik dengan alat atau media flashcard di RA Al Hidayah Pesawahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif dengan penelitian studi kasus. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik. Media flashcard adalah salah satu media pembelajaran untuk mengenalkan huruf dan kata-kata sederhana yang dapat memudahkan anak dalam belajar. Flashcard yang berisikan tentang gambar huruf abjad, sayuran, transportasi, dan lain sebagainya. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan media flashcard untuk meningkatkan kecerdasan linguistik anak dalam pengenalan huruf pada anak melalui beberapa tahapan yang dilakukan oleh guru diantaranya yaitu perencanaan dengan melalui kegiatan pembiasaan yang dilakukan setiap pagi hari sebelum masuk kelas, satu anak mengambil satu kartu secara acak dan melafalkan huruf yang ada di kartu tersebut kepada gurunya. Evaluasi yang dilakukan yaitu guru melihat proses kemampuan pada masing-masing anak dalam melafalkannya. Dari 25 anak, 17 dari mereka sudah mampu dalam melafalkan huruf dan ejaan tanpa bantuan dari orang lain. Kata kunci : Media Flashcard, Kecerdasan Linguistik, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Muff Taofah sdri
Date Deposited: 13 Jun 2024 04:29
Last Modified: 13 Jun 2024 04:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24923

Actions (login required)

View Item View Item