PENGARUH PENGETAHUAN, KEAMANAN DAN PERSEPSI RISIKO INVESTASI TERHADAP MINAT BERINVESTASI TABUNGAN E-MAS DIGITAL (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT PENGGUNA BSI MOBILE DI PURWOKERTO UTARA)

ADE, WAWAN (2024) PENGARUH PENGETAHUAN, KEAMANAN DAN PERSEPSI RISIKO INVESTASI TERHADAP MINAT BERINVESTASI TABUNGAN E-MAS DIGITAL (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT PENGGUNA BSI MOBILE DI PURWOKERTO UTARA). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhrri.

[img]
Preview
Text
ADE WAWAN_PENGARUH PENGETAHUAN, KEAMANAN DAN PERSEPSI RISIKO INVESTASI TERHADAP MINAT BERINVESTASI TABUNGAN E-MAS DIGITAL (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT PENGGUNA BSI MOBILE DI PURWOKERTO UTARA).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Emas adalah instrumen investasi yang dikenal memiliki nilai yang cenderung meningkat secara konsisten. Emas sering dipilih sebagai alternatif investasi karena transaksi jual beli emas yang fleksibel dan nilai emas yang tidak terpengaruh oleh inflasi. Bank Syariah Indonesia (BSI) menyediakan produk investasi emas bernama E-mas melalui aplikasinya BSI Mobile. Produk ini memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi investasi emas secara digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan, keamanan, dan persepsi risiko investasi terhadap minat masyarakat berinvestasi emas digital BSI Mobile. Objek dari penelitian ini adalah masyarakat yang tinggal/berdomisili di Purwokerto Utara, berusia minimal 17 tahun dan mempunyai aplikasi BSI Mobile. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner yang disebarkan secara online melalui google form kepada 100 responden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Dengan alat bantu SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 25.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengetahuan, keamanan, dan persepsi risiko investasi berpengaruh secara positif terhadap minat masyarakat dalam berinvestasi emas digital BSI Mobile. Sedangkan berdasarkan uji simultan bahwa keseluruhan variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yang dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel sebesar (48,707 > 2,70 ) dan nilai signifikansi sebesar (0,00 < 0,05). Nilai koefisien determinasi (R2) adalah (60,4%)% yang artinya 60,4% variasi pada minat investasi emas digital dipengaruhi oleh 3 variabel independen yaitu, pengetahuan (X1), keamanan (X2), dan persepsi risiko investasi (X3). Kata Kunci : Pengetahuan, Keamanan, Persepsi Risiko, Investasi emas digital, Bank Syariah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Keamanan, Persepsi Risiko, Investasi emas digital, Bank Syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ade Wawan sdr
Date Deposited: 13 Jun 2024 04:28
Last Modified: 13 Jun 2024 04:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24922

Actions (login required)

View Item View Item