STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS

PUSPA, WIRASANTI (2024) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN PROF. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam pelaksanaan kurikulum merdeka di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Berdasarkan tujuan tersebut peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan proses wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan berdasarkan teori yang digunakan dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada dasarnya tujuan dari strategi kepala sekolah dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto adalah untuk meningkatkan kualitas guru dan tenaga kependidikan. Adapun empat strategi kepala sekolah yang diimplementasikan di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto adalah pembinaan dan pelatihan guru dengan mendatangkan tutor ke sekolah dari pihak luar, mengadakan forum antar guru (MGMP) dan forum antar kepala sekolah (MKKS), pelaksanaan IHT (In House Training) untuk guru, dan supervisi kepala sekolah terhadap guru dan tenaga kependidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi kepala sekolah, kurikulum merdeka
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Puspa Wirasanti sdri
Date Deposited: 13 Jun 2024 01:46
Last Modified: 13 Jun 2024 01:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24914

Actions (login required)

View Item View Item