REPRESENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL TASBIH CINTA DI LANGIT MOSKOW KARYA INDAH EL-HAFIDZ

Siti, Mariyatul Qibtiyah (2024) REPRESENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL TASBIH CINTA DI LANGIT MOSKOW KARYA INDAH EL-HAFIDZ. Skripsi thesis, UIN. Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SITI MARIYATUL QIBTIYAH_REPRESENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL TASBIH CINTA DI LANGIT MOSKOW KARYA INDAH EL-HAFIDZ.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Menurunnya moral anak pada generasi muda khususnya remaja tentu tidak datang begitu saja. Terdapat beberapa aspek yang cukup berperan dalam melatarbelakangi terjadinya degradasi moral. Perkembangan sastra di Indonesia dapat menjadi salah satu media yang multifungsi. Novel dapat menjadi inovasi bagi guru dalam media pembelajaran yang lebih memudahkan dalam memberi pemahaman kepada peserta didik dengan nilai-nilai yang ada di dalamnya. Peneliti ingin mendalami representasi nilai-nilai pendidikan agama islam yang tedapat dalam novel Tasbih Cinta di Langit Moskow karya Indah El-Hafidz dan relevansinya dengan pengajaran anak. Maka dalam penelitian ini peneliti membahas dua persoalan. Diantaranya bagimana representasi nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam novel Tasbih Cinta di Langit Moskow karya Indah El-Hafidz dan bagaimana relevansinya dengan pengajaran anak. Untuk menjawab rumusan masalah di atas metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian pustaka (library research). Dengan metode pengumpulan data berupa dokumentasi, dan metode analisisnya menggunakan analisis isi (content anlysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga nilai yang terdapat dalam novel Tasbih Cinta di Langit Moskow karya Indah El-Hafidz yaitu nilai akidah, nilai akhlak dan nilai ibadah. Nilai akidah meliputi iman kepada Allah SWT, iman kepada Rosul, iman kepada kitab, dan iman kepada qada dan qadar. Nilai akhlak meliputi akhlak kepada Allah SWT, akhlak kepada diri sendiri dan akhlak kepada sesama. Nilai ibadah meliputi ibadah mahdhah dan ghairu mahdhah contohnya mencari ilmu. Apabila ketiga nilai tersebut diterapkan kepada anak maka akan memperbaiki moral anak menjadi lebih baik dan dapat terhindar dari pengaruh buruk karena perkembangan zaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai pendidikan Islam, novel Tasbih Cinta di Langit Moskow
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.7 Islam dan Kesenian
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
800 Literature and rhetoric > 810 Kesusatraan Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siti mariyatul qibtiyah
Date Deposited: 13 Jun 2024 01:35
Last Modified: 13 Jun 2024 01:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24913

Actions (login required)

View Item View Item