PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP FENOMENA AIR YANG DIDOAKAN (Studi Atas Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Fenomena Air Yang Didoakan di Desa Karanggedang, Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga)

Indriyani, Sholikhah (2024) PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP FENOMENA AIR YANG DIDOAKAN (Studi Atas Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Fenomena Air Yang Didoakan di Desa Karanggedang, Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga). Skripsi thesis, UIN K.H. Prof. Saifuddin zuhri.

[img]
Preview
Text
INDRIYANI SOLIKHAH_ PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP FENOMENA AIR YANG DIDOAKAN (Studi Atas Niai-Nilai Yang Terkandung Dalam Fenomena Air Yang Didoakan di Desa Karanggedang Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik do’a di desa Karanggedang, Purbalingga, mencerminkan keberagaman pandangan spiritual. Mayoritas melihatnya sebagai sarana memohon pertolongan Tuhan, terutama untuk kesembuhan penyakit. Masyarakat percaya pada kekuatan penyembuhan air do’a, tetapi juga mengakui peran dokter dalam pengobatan. Meskipun terdapat perbedaan aliran keagamaan, praktik spiritual seperti air do’a tetap penting dan mencerminkan kesatuan dalam keragaman. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi untuk memahami pandangan masyarakat tentang fenomena air yang didoakan di Desa Karanggedang, Purbalingga. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh dari sumber primer dan skunder. Analisis data melibatkan reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data untuk menarik kesimpulan tentang pandangan masyarakat terhadap fenomena tersebut. Pandangan masyarakat di Desa Karanggedang terhadap fenomena air yang didoakan bervariasi. Praktik ini memperkat hubungan sosial dan nilai-nilai spiritual, budaya, dan ekologisnya agar dapat merancang upaya pelestarian lingkungan yang lebih efektif. Berikut beberapa saran berdasarkan penelitian tentang pandangan masyarakat terhadap fenomena air yang didoakan. Pertama, lakukan pendekatan holistik dan inklusif dengan melibatkan ahli agama, budaya, dan aktivis lingkungan. Kedua, tingkatkan penyuluhan tentang nilai-nilai ekologis dalam fenomena ini untuk mendorong kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan mengambil tindakan konkret untuk melindunginya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Fenomena, Tradisi, Air Doa
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.7 Islam dan Kesenian
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat > 2x6.94 Adat Istiadat setempat
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Studi Agama - Agama
Depositing User: INDRIYANI SOLIKHAH sdri
Date Deposited: 13 Jun 2024 01:47
Last Modified: 13 Jun 2024 01:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24911

Actions (login required)

View Item View Item