IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS IV B MI MA’ARIF NU PASIR KULON

ANI LATIFATUL, HASANAH (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS IV B MI MA’ARIF NU PASIR KULON. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI REVISI FINAL-ANILATIFA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Implementasi model pembelajaran interaktif dengan media audio visual pada mata pelajaran SKI Kelas IV B MI Ma’arif NU Pasir Kulon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran interaktif dengan media audio visual pada mata pelajaran SKI kelas IV B MI Ma’arif NU Pasir Kulon dengan jumlah siswa 18 siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas, siswa dan kepala madrasah. Untuk hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa guru dalam pembelajaran SKI di kelas IV B telah menerapkan implementasi model pembelajaran interaktif dengan media audio visual yang meliputi tujuh tahapan pembelajaran interaktif dan prinsip-prinsip pemilihan media untuk divariasikan dengan media audio visual dalam tahapannya. Adapun tahapan yang diterapkan oleh ibu Rizki Aulia Rachmah yaitu tahap persiapan, tahap pengetahuan awal, tahap eksplorasi, tahap pertanyaan anak, tahap penyelidikan, tahap pengetahuan akhir dan refleksi. Dengan demikian Ibu Rizki Aulia Rachmah, S.Pd, sudah menerapkan pembelajaran interaktif dengan media audio visual dengan baik sesuai teori yang ada. Dengan guru menerapkan model pembelajaran interaktif dengan media audio visual, dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran SKI. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran interaktif siswa dapat belajar lebih mandiri, dapat berinteraksi dengan teman sekelas, guru serta media pembelajaran yang digunakan. Peserta didik dapat aktif membangun penyelidikan melalui pertanyaan yang mereka ajukan sendiri. Melalui media audio visual siswa lebih antusias dan lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran. Pembelajaran tidak monoton dan tidak membosankan. Dengan hal tersebut juga dapat menumbuhkan belajar siswa untuk aktif dalam pembelajaran dan mudah dalam memahami materi yang disampaikan. Kata kunci: Implementasi, model Pembelajaran Interaktif, Media Audio Visual IMPLEMENTATION OF AN INTERACTIVE LEARNING MODEL USING AUDIO-VISUAL MEDIA IN SKI CLASS IV B MI MA’ARIF NU PASIR KULON Abstract: This research aims to find out about the implementation of an interactive learning model using audio-visual media in SKI Class IV B MI Ma'arif NU Pasir Kulon subjects. This research uses qualitative research methods with data collection methods in the form of interviews, observation and documentation. The object of this research is the implementation of an interactive learning model using audio�visual media in the SKI class IV B MI Ma'arif NU Pasir Kulon subject with a total of 18 students. The subjects in this research were class teachers, students and madrasa heads. The results of this research state that teachers in SKI learning in class IV B have implemented the implementation of an interactive learning model with audio-visual media which includes seven stages of interactive learning and the principles of selecting media to vary the stages with audio-visual media. The stages implemented by Mrs. Rizki Aulia Rachmah are the preparation stage, initial knowledge stage, exploration stage, children's question stage, investigation stage, final knowledge stage and reflection. Thus, Mrs. Rizki Aulia Rachmah, S.Pd, has implemented interactive learning using audio-visual media well according to existing theory. By implementing an interactive learning model with audio-visual media, teachers can increase students' learning motivation towards SKI subjects. Learning by using an interactive learning model students can learn more independently, can interact with classmates, teachers and the learning media used. Students can actively build investigations through questions they ask themselves. Through audio visual media, students are more enthusiastic and more enthusiastic in participating in learning. Learning is not monotonous and not boring. This can also foster student learning to be active in learning and easy to understand the material presented. Keywords: Implementation, Interactive Learning Model, Visual Audio Media

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, model Pembelajaran Interaktif, Media Audio Visual
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.6 Perkembangan Islam di berbagai negeri setelah 1800
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ani Latifatul Hasanah Sdri
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:31
Last Modified: 12 Jun 2024 07:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24907

Actions (login required)

View Item View Item