PERAN FKUB DALAM MENDORONG TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DI DESA RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG

Hilyatus Sa'diyah, Fajrin (2024) PERAN FKUB DALAM MENDORONG TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DI DESA RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG. Skripsi thesis, UIN K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
HILYATUS SA'DIYAH FAJRIN_PERAN FKUB DALAM MENDORONG TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DI DESA RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tuhan menciptakan berbagai bangsa agar manusia saling mengenal dan memiliki hak memilih agama. Di Indonesia, keragaman agama diatur oleh Pancasila dan UUD 1945 untuk menjaga kerukunan. FKUB, terinspirasi dari Gus Dur, menjaga harmoni antaragama meski menghadapi tantangan dari kelompok fanatik di Randudongkal. FKUB memperkuat toleransi melalui dialog dan pendidikan literasi keagamaan.Penelitian mengenai peran FKUB dalam pengembangan umat beragama menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengamatan langsung untuk mengumpulkan informasi. Data diperoleh dari wawancara langsung dengan individu terlibat dalam FKUB Desa Randudongkal serta dari sumber sekunder seperti buku, jurnal, dan dokumen lain yang relevan.FKUB Desa Randudongkal berperan penting dalam menjaga kerukunan antarumat beragama. Didirikan sebagai wadah pemeliharaan dan pemberdayaan umat beragama, forum ini aktif dalam membangun lingkungan yang inklusif dan aman dari konflik agama. Melalui kegiatan silaturahim lintas agama dan promosi nilai-nilai toleransi, FKUB memfasilitasi komunikasi dan membangun harmoni di Desa Randudongkal.FKUB Desa Randudongkal dapat memperkuat perannya dalam membangun toleransi antarumat beragama dengan melibatkan aktif masyarakat dalam kegiatan rutin seperti diskusi terbuka dan lokakarya lintas agama serta berkolaborasi dengan lembaga eksternal yang memiliki komitmen serupa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, toleransi, FKUB
Subjects: 200 Religion > 260 Christian social theology > 268 Religious education
2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Studi Agama - Agama
Depositing User: HILYATUS SA'DIYAH FAJRIN sdri
Date Deposited: 13 Jun 2024 01:38
Last Modified: 13 Jun 2024 01:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24891

Actions (login required)

View Item View Item