STRATEGI PENETAPAN HARGA JUAL "BUKET OEMAH.KADO" DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pedagang "Buket Oemah.Kado" Desa Kutawis, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga)

Sri Mundri, Asih (2024) STRATEGI PENETAPAN HARGA JUAL "BUKET OEMAH.KADO" DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pedagang "Buket Oemah.Kado" Desa Kutawis, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga). Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SRI MUNDRI ASIH_STRATEGI PENETAPAN HARGA JUAL BUKET OEMAH.KADO DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Harga adalah biaya atau pengorbanan yang harus dilakukan pembeli untuk menerima barang yang diinginkan sesuai dengan kebutuhannya. Penetapan harga tidak boleh bertentangan dengan bertentangan dengan ajaran Islam, karena Islam lebih mengutamakan kemaslahatan umat dalam setiap aktivitas duniawi dan hal ini juga berlaku juga bagi pedagang buket di toko “Buket Oemah.Kado” Desa Kutawis, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui strategi para pedagang buket dalam menetapkan harga buket di toko “Buket Oemah.Kado” dan mengetahui strategi pedagang buket dalam menetapkan harga buket menurut perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan datanya menggunakan trianggulasi sumber. Adapun sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder. Hasil dari penelitian menemukan bahwa strategi penetapan harga buket yang dilakukan pedagang buket toko “Buket Oemah.Kado” ini berbeda antara satu dengan lainnya atau tidak memiliki standar harga yang berpatokan terhadap harga tinggi maupun harga dasar. Pedagang membandingkan harga dengan beberapa pedagang lainnya dan strategi yang dilakukan pedagang dengan melihat modal ditambahkan dengan biaya lainnya dan mengambil keuntungan sebesar 40%. Penetapan harga buket dalam ekonomi Islam memiliki standar harga yang ditetapkan oleh mekanisme harga tanpa adanya keterlibatan pemerintah di dalamnya. Karena penetapan harga para pedagang buket menggunakan nilai keadilan dengan menetapkan harga yang wajar dan tidak mengambil keuntungan yang besar, beliau hanya menetapkan harga sesuai dengan pesanan yang diminta dan dalam proses pembuatan buket.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Strategi Penetapan harga, Pedagang Buket, Ekonomi Islam
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdr Sri Mundri Asih
Date Deposited: 12 Jun 2024 02:07
Last Modified: 22 Jun 2024 01:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24874

Actions (login required)

View Item View Item