PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) TERHADAP LIKUDITAS BANK UMUM SYARIAH DENGAN NON PERFORMING FINANCING (NPF) SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA PERIODE TAHUN 2021-2023

Della, Lutfia Faizzah (2024) PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) TERHADAP LIKUDITAS BANK UMUM SYARIAH DENGAN NON PERFORMING FINANCING (NPF) SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA PERIODE TAHUN 2021-2023. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DELLA LUTFIA FAIZZAH_PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) TERHADAP LIKUDITAS BANK UMUM SYARIAH DENGAN NON PERFORMING FINANCING (NPF) SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERBANKAN SYAR.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dana Pihak Ketiga merupakan sumber penghimpunan dana terbesar yang dimiliki bank untuk memperlancar pembiayaan. Rasio untuk membandingkan antara pembiayaan yang disalurkan dengan dana yang dihimpun bank disebut dengan Financing to Deposit Ratio. Jika dana yang diperoleh bank tinggi, bank dapat menyalurkan pembiayaan semakin banyak. Namun semakin tinggi rasio FDR memberikan indikasi semakin rendahnya likuiditas bank yang bersangkutan, karena bank akan kesulitan memenuhi kewajibannya yang sudah jatuh tempo. Dengan kondisi likuiditas yang menurun, tentunya bank akan semakin berhati-hati dalam menyalurkan dananya agar tidak terjadi yang namanya pembiayaan bermasalah atau Non Performing Financing. Sehingga bank akan mampu mempertahankan kepercayaan nasabah, dan bank bisa dikatakan berhasil menjalankan fungsinya sebagai lembaga perantara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS 25 melalui uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah yang terdaftar pada Statistik Perbankan Syariah OJK tahun 2021-2023. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 10 Bank Umum Syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Dana Pihak Ketiga berpengaruh positif signifikan dan Financing to Deposit Ratio berpengaruh negatif signifikan terhadap Likuiditas Bank Umum Syariah. Secara simultan variabel Dana Pihak Ketiga dan Financing to Deposit Ratio berpengaruh terhadap Likuiditas Bank Umum Syariah. Kemudian, penambahan NPF sebagai variabel moderasi, mendapatkan hasil bahwa NPF tidak mampu memoderasi pengaruh DPK dan FDR terhadap Likuiditas Bank Umum Syariah periode tahun 2021-2023.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DPK, FDR, NPF, Likuiditas Bank Umum Syariah
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Della Lutfia Faizzah sdri
Date Deposited: 10 Jun 2024 04:40
Last Modified: 10 Jun 2024 04:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24860

Actions (login required)

View Item View Item