ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DALAM MATERI TEOREMA PHYTAGORAS DITINJAU DARI KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA SMP TAKHASUS AL-QUR’AN PEKUNCEN

RENA, AGUSTIYANI (2024) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DALAM MATERI TEOREMA PHYTAGORAS DITINJAU DARI KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA SMP TAKHASUS AL-QUR’AN PEKUNCEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RENA AGUSTIYANI_ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DALAM MATERI TEOREMA PHYTAGORAS DITINJAU DARI KEMAMPUAN METAKOGNISI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Abstrak:Pemahaman konsep matematis merupakan landasan penting untuk berpikir dalam menyelesaikan permasalahan matematika maupun permasalahan sehari-hari. Metakognisi adalah pengetahuan, kesadaran dan kontrol seseorang terhadap proses dan hasil berpikirnya. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan kesulitan siswa dalam memahami konsep matematis ditinjau dari metakognisi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 orang siswa kelas VIII SMP Takhasus Al-qur’an Pekuncen. Kemampuan Metakognisi siswa terdiri dari tiga kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Setiap kategori kemampuan metakognisi diwakili oleh 2 orang siswa. Prosedur pemilihan subjek dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket kemampuan Metakognisi dan soal pemahaman konsep matematis pada materi Teorema Pythagoras. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan : (1) siswa dengan kategori kemampuan metakognisi tinggi dapat memenuhi semua indikator secara lengkap. (2) kemampuan metakognisi sedang hanya dapat memenuhi tiga indikator secara lengkap yaitu menyatakan ulang sebuah konsep yang dipelajari. mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan yang membentuk konsep tersebut, dan menggunakan, memanfaatkan dan memilh prosedur atau oprasi tertentu (3) siswa dengan kategori metakognisi rendah hanya dapat memenuhi dua indikator yaitu menyatakan ulang sebuah konsep yang telah dipelajari dan mengklasifikaskan objek-objek berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan yang membentuk konsep tersebut. Kata kunci : Matematis, Metakognisi, Pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: matematis, metakognisi, pemahaman konsep
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Rena agustiyani sdri
Date Deposited: 10 Jun 2024 04:36
Last Modified: 10 Jun 2024 04:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24858

Actions (login required)

View Item View Item