DAKWAH VISUAL PADA KOMIK “REAL MASJID KOMPLET” KARYA TONY TRAX BERDASAR ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE

Adeliana, Sekar Mufidah (2024) DAKWAH VISUAL PADA KOMIK “REAL MASJID KOMPLET” KARYA TONY TRAX BERDASAR ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Adeliana Sekar Mufidah_Dakwah Visual pada Komik Real Masjid Komplet Karya Tony Trax Berdasar Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Islam adalah agama dakwah yang selalu mendorong pemeluknya untuk senantiasa aktif mengajak melakukan kebaikan dan menjauhi larangan-Nya. Media dakwah merupakan cara atau alat untuk menyampaikan materi dakwah. Salah satu inovasi media yang dapat dioptimalkan di era dakwah milenial kini adalah media dakwah berbasis visual seperti komik. Komik yang digunakan dalam penelitian ini adalah komik Real Masjid Komplet karya Tony Trax yang menerapkan elemen-elemen desain visual dan elemen-elemen komik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dakwah visual pada komik Real Masjid Komplet karya Tony Trax berdasar analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Teori semiotika Charles Sanders Peirce digunakan untuk mengetahui makna yang terkandung melalui tanda, objek, dan interpretant dalam segitiga makna. Menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah tanda, objek, interpretant memiliki peranan penting dalam menghasilkan makna. Tanda-tanda yang digunakan dalam komik seperti ikon, indeks dan simbol juga bekerja untuk menghasilkan makna. Semua cerita dalam komik menginterpretasikan himbauan dan mengajak umat muslim untuk senantiasa melakukan amar ma'ruf nahi munkar. Dari 15 judul cerita yang diteliti dapat disimpulkan bahwa komik Real Masjid Komplet menerapkan elemen-elemen desain visual dan elemen-elemen komik yang saling melengkapi agar membentuk sebuah makna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dakwah Visual, Komik, Semiotika
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Adeliana Sekar Mufidah sdri
Date Deposited: 10 Jun 2024 02:52
Last Modified: 10 Jun 2024 04:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24853

Actions (login required)

View Item View Item