PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS V SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO

Nadiyah Nur, Azizah (2024) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS V SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Nadiyah Nur Azizah_Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas V SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah 01 Purwokerto.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Abstrak : Penelitian ini membahas mengenai penerapan media pembelajaran pada pelajaran bahasa Arab. Hal ini melatar belakangi dengan dunia teknologi pendidikan mengalami kemajuan dalam teknik penerapannya salah satu nya dengan menggunakan media audio visual dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran audio visual ini menggunakan video yang diambil dari platform youtube dan slide powerpoint. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas V SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah 01 Purwokerto dan memaparkan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan media audio visual pada proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskripsi. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Arab kelas V, Murid dan Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dengan wawancara terstruktur, observasi langsung dengan melihat proses pembelajaran bahasa Arab dengan penerapan media pembelajaran dan dokumentasi berupa file pendukung, gambar/foto kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan media audio visual pada pembelajaran bahasa Arab di kelas V ini sudah berjalan dengan baik. Hanya saja masih ada beberapa siswa yang masih kesulitan dalam menulis huruf Arab hal ini didapat dari hasil wawancara dengan salah satu siswa mengenai kesulitan apa yang mereka alami ketika pembelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu dengan menerapkan bantuan dari media pembelajaran audio visual dapat mengatasi beberapa permasalahan tersebut. Proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran memiliki empat tahapan yaitu : perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Selain itu juga terdapat faktor pendukung serta penghambat dalam penerapan media pembelajaran audio visual. Faktor pendukung nya antara lain yaitu fasilitas yang memadai, kemampuan guru dalam menggunakan LCD/proyektor, dukungan dari pimpinan sekolah, adapun faktor penghambat diantaranya jaringan internet yang kurang stabil, kurang nya persiapan guru dalam membuat media pembelajaran dan mengembangkan ide kreatif nya ketika pembuatan media pembelajaran tersebut. Proses pembelajaran akan berhasil jika adanya pendukung dalam menyampaikan materi yang menarik, oleh karena itu media pembelajaran audio visual dapat membantu guru dalam menyampaikan materi dengan menarik sehingga tidak membuat siswa mudah bosan dan jenuh ketika proses pembelajaran berlangsung, dengan begitu siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan guru. Kata Kunci : Media Audio Visual, Pembelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sdri Nadiyah Nur Azizah
Date Deposited: 10 Jun 2024 02:59
Last Modified: 10 Jun 2024 02:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24838

Actions (login required)

View Item View Item