PENGARUH E- SERVICE QUALITY DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE TOKOPEDIA PADA MAHASISWA UIN PROF. K.H. SAIFUDIN ZUHRI

Pramudya Adi, Wicaksono (2024) PENGARUH E- SERVICE QUALITY DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE TOKOPEDIA PADA MAHASISWA UIN PROF. K.H. SAIFUDIN ZUHRI. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi PRAMUDYA ADI WICAKSONO_1817201156 (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Indonesia saat ini terjadi pergeseran, dari era digitalisasi 4.0 menuju era masyarakat 5.0 yang lebih maju dalam segala hal. Perkembangan teknologi tersebut yang mendorong munculnya berbagai start up di Indonesia salah satunya Marketplace Tokopedia. Perilaku konsumen sangat penting untuk Sellers meskipun banyak strategi pemasaran dirancang untuk mempengaruhi reaksi emotional dan kepercayaan konsumen. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui makna penggunaan Tokopedia terhadap perilaku konsumtif dan untuk mengetahui permasalahn yang dialami mahasiswa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri ketika menggunakan Tokopedia. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Populasinya adalah Mahasiswa UIN Prof. K.H. Saifudin Zuhri yang pernah bertransaksi lebih dari satu marketplace, salah satunya pada Marketplace Tokopedia. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden. Analisis data dilakukan melalui korelasi Rank Spearman, Konkordansi Kendall W dan analisis regresi ordinal dengan alat bantu aplikasi SPSS. Hasil uji Korelasi Rank Spearman menunjukkan E-service quality dan Harga berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pembelian. Kemudian dalam uji Konkordasi Kendall W menunjukkan hubungan yang sangat kuat dan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Hasil analisis regresi ordinal pada tabel Model Parameter Estimates menunjukkan bahwa variabel E-service quality dan Harga berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Jadi Kesimpulannya adalah Variabel E- service quality dan Harga secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian Mahasiswa UIN Prof. K.H. Saifudin Zuhri pada Marketplace Tokopedia. Kata Kunci: E-Service Quality, Harga, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: E-Service Quality, Harga, Keputusan Pembelian
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Pramudya Adi Wicaksono sdr
Date Deposited: 19 Jun 2024 01:47
Last Modified: 19 Jun 2024 01:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24823

Actions (login required)

View Item View Item