Membangun Loyalitas Konsumen Melalui Strategi Pemasaran pada Toko Tara Shop di Desa Mekarsari, Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap

Rosi, Nur Rohmah (2024) Membangun Loyalitas Konsumen Melalui Strategi Pemasaran pada Toko Tara Shop di Desa Mekarsari, Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap. Skripsi thesis, UIN prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rosi Nur Rohmah_Membangun Loyalitas Konsumen Melalui Strategi Pemasaran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemasaran memiliki peranan penting karena menyangkup beberapa aspek diantaranya adalah aspek kehidupan. Toko Tara Shop merupakan salah satu usaha kecil di sebuah desa yang belum menggunakan strategi pemasaran yang baik untuk mempertahankan para konsumennya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilaksanakan oleh toko Tara Shop. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan tentang membangun loyalitas konsumen melalui strategi pemasaran pada toko Tara Shop di Desa Mekarsari, Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap. Partisipan dalam penelitian yaitu pemilik toko Tara Shop (Vitara) dan beberapa konsumen toko Tara Shop. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Instrumen yang digunakan baik untuk wawancara maupun observasi adalah catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran toko Tara Shop dalam mempertahankan loyalitas konsumen menggunakan bauran pemasaran 4P, yang melibatkan strategi produk menawarkan beberapa produk dalam bentuk barang serta jasa. Strategi harga dipertimbangkan agar harga jual sesuai dengan biaya produksi, kualitas produk yang dijual, dan terjangkau bagi konsumen. Distribusi dilakukan dengan cara distribusi langsung dan distribusi tidak langsuung. Sementara strategi promosi dilakukan dengan cara pemberian diskon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Loyalitas, Konsumen
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rosi Nur Rohmah sdri
Date Deposited: 03 Jun 2024 06:44
Last Modified: 03 Jun 2024 06:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24800

Actions (login required)

View Item View Item