ANALISIS STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA CV WIDJAYA BHARATA PASIFIK

Nikmatul, Khoiriyah (2024) ANALISIS STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA CV WIDJAYA BHARATA PASIFIK. Skripsi thesis, UIN PROF. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NIKMATUL KHOIRIYAH_ANALISIS STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA CV WIDJAYA BHARATA PASIFIK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

CV Widjaya Bharata Pasifik merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi dan memasarkan produk berupa obat herbal. Perusahaan ini berdiri sejak Desember 2018 yang berlokasi di Kecamatan Sidareja Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Berbagai macam jenis produk obat herbal untuk berbagai macam penyakit dipasarkan oleh CV Widjaya Bharata Pasifik. Dalam proses memasarkan produk- produknya perusahaan ini melakukan promosi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi melalui media digital baik melalui website atau membuka toko online di marketplace. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi digital marketing dalam meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan CV Widjaya Bharata Pasifik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi deskriptif kualitatif, yang terdiri atas tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan data dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi digital marketing yang diterapkan pada CV Widjaya Bharata Pasifik dalam meningkatkan penjualan berupa mengoptimalkan dalam pembuatan konten artikel dengan menggunakan formula AIDA yaitu attention untuk menarik perhatian calon konsumen, interest untuk menumbuhkan minat calon konsumen, desire untuk memperkuat keinginan calon konsumen, dan action untuk mendorong calon konsumen untuk mengambil tindakan yang digabungkan dengan strategi kepung pasar dan iklan berbayar. Sedangkan Strategi digital marketing yang diterapkan pada CV Widjaya Bharata Pasifik dalam meningkatkan loyalitas pelanggan dengan retargeting pelanggan- pelanggan potensial yang datanya telah masuk akibat iklan berbayar. Selain itu juga pemberian voucher-voucher pada tanggal tertentu dan pemberian layanan konsultasi sebelum dan setelah pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing , Loyalitas Pelanggan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 337 International economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri NIKMATUL KHOIRIYAH
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:04
Last Modified: 03 Jun 2024 03:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24793

Actions (login required)

View Item View Item