PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI GUPPI TALAGENING KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA

RINA, NIM. 1323305068 (2017) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI GUPPI TALAGENING KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text
R I N A _ Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa di MI GUPPI Talagening Kec.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keberhasilan seorang siswa dalam mencapai prestasi belajarnya tidak hanyadi pengaruhi dari kegiatan pembelajarannya di sekolah, namun dapat juga dipengaruhi dari lingkungan sekitar. Salah satunya adalah lingkungan keluarga terutama orang tua.Orang tua yang tidak memperhatikan pendidikan anaknya dapat menyebabkan anak kurang atau tidak berhasil dalam belajarnya. Perhatian orang tua kepada anak dalam kegiatan belajarnya memiliki peranan yang penting. Anak cenderung akan lebih giat dan bersungguh-sungguh dalam belajarnya, karena merasa diperhatikan oleh orang tuanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atautidaknya pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa di MI GUPPI Talagening Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode survey.Obyek dari penelitin ini adalah perhatian yang diberikan oleh orang tua siswa MI GUPPI Talagening.Denganjumlahsampel 59 siswa yang terdiridarikelas V dan VI.Teknikp engumpulan data yaitu dengan menggunakan metode angket ,observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan besarnya R Square adalah 0,255, yang artinya pengaruh variabel X (perhatian orang tua) terhadap variabel Y (prestasibelajarsiswa) adalah 25,5%. Dari persamaan regresi juga diperlihatkan Y = 38,368 + 0,455 X, yang artinya jika tidak ada kenaikan nilai padavariabel X, makanilaivariabel Y adalah 38,368. Dan koefisiensebesar 0,455 menyatakan bahwa setiap penambahan satu nilai pada variabel X akan memberikan kenaikan pada variabel Y sebesar 0,455. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa di

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua, Prestasi BelajarSiswa, Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 24 Jul 2017 00:06
Last Modified: 24 Jul 2017 00:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2479

Actions (login required)

View Item View Item