PENGARUH ISLAMICITY PERFORMANCE INDEX (IPI) TERHADAP FINANCIAL SUSTAINABILITY RATIO (FSR) DENGAN INTELECTUAL CAPITAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2018 – 2022)

Fida, Alfiana (2024) PENGARUH ISLAMICITY PERFORMANCE INDEX (IPI) TERHADAP FINANCIAL SUSTAINABILITY RATIO (FSR) DENGAN INTELECTUAL CAPITAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2018 – 2022). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
FIDA ALFIANA_PENGARUH ISLAMICITY PERFORMANCE INDEX (IPI)_FULL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengukuran kinerja bank syariah sesuai dengan fungsi bank syariah yaitu fungsi sosial dan fungsi bisnis. Semakin tinggi fungsi sosial bank syariah maka akan meningkat kepercayaan masyarakat dalam menggunakan jasa atau produk yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai pengaruh Islamicity Performance Index (IPI) yang diproksikan dengan Profit Sharing Ratio, Zakat Performance Ratio, dan islamic income vs non-islamic income ratio, terhadap Financial Sustainability Ratio pada Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2018 – 2022 dengan Intellectual Capital sebagai variabel moderasi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data panel dari tahun 2018 sampai 2022 dan menggunakan sampel enam (6) Bank Umum Syariah dengan teknik Purposive Sampling sebagai teknik untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dan analisis Jalur (Path Analysis) menggunakan software Eviews 12 dan Microsoft Excel 2016. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Islamicity Performance Index yang diproksikan dengan Profit Sharing Ratio, Zakat Performing Ratio, dan Islamic Income vs Non-Islamic Income berpengaruh terhadap Financial Sustainability Ratio. Secara simultan, Islamicity Performance Index yang diproksikan dengan variabel Profit Sharing Ratio, Zakat Performance Ratio (ZPR), dan Islamic Income vs Non Islamic Income secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Financial Sustainability Ratio. Variabel Intellectual Capital tidak dapat memoderasi Profit Sharing Ratio, Zakat Performing Ratio dan Islamic Income vs Non-Islamic Income terhadap Financial Sustainability Ratio.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Islamicity Performance Index (IPI), Profit Sharing Ratio, Zakat Performance Ratio, Islamic Income Ratio, Financial Sustainability Ratio, Intellectual Capital
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Fida Alfiana sdri
Date Deposited: 03 Jun 2024 01:43
Last Modified: 03 Jun 2024 01:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24780

Actions (login required)

View Item View Item