Fathan, Fadhil (2024) PENGARUH CSR DAN GCG TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BMT (STUDI KASUS BAITUL MAAL WAT TAMWIL DANA MENTARI MUHAMMADIYAH PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Skripsi_Fathan Fadhil.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
BaituL Maal Wat Tamwil merupakan salah satu lembaga industri keuangan mikro syariah yang bergerak dalam pelayanan jasa. BMT dalam praktiknya harus memberikan pelayanan terbaik agar dalam proses memenangkan persaingan yang semakin maju di era digital saat ini. Dalam situasi ini mendorong industri keuangan harus cepat dan tanggap dalam menjalankan fungsi dan tanggung jawabnya, terutama dalam memperoleh loyalitas nasabah serta memenuhi kebutuhan nasabah akan produk layanan yang nyaman dan aman serta mampu memberikan kepuasan bagi nasabah yang hendak melakukan aktivitas pembiayaan sehingga nasabah dengan sendirinya akan loyal. Melalui teori layolitas nasabh, terdapat sejumlah faktor yang mempengaruhinya yakni kepuasan, kualitas layanan, kualitas produk, kepercayaan, citra merek, serta relasional konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini ingin mengetahui pengaruh corporate social responbility (CSR) dan good corporate governance (GCG) terhadap kepercayaan nasabah pada Baitul Mal Tanwil (BMT) Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan membagikan kuesioner pada nasabah Baitul Mal Tanwil (BMT) Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto. Adapun sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik analisa datanya memakai teknik analisa linier, sedangkan keabsahan datanya memakai uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, serta uji heterokedasitas. Hasil penelitian ini diolah memakai SPSS Statistics dan memperoleh hasil yang menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah pada BMT Dana Mentari Muhammadiyah. Sedangkan Good Corporate Governance (GCG) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah pada BMT Dana Mentari Muhammadiyah. Koefisien regresi untuk variabel GCG adalah 0.345 dengan nilai p kurang dari 0.001, menunjukkan bahwa peningkatan dalam penerapan prinsip-prinsip GCG secara signifikan meningkatkan loyalitas nasabah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanggung jawab sosial, Tata Kelola, Loyalitas dan produk |
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT) 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.14 Perubahan Sosial 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.16 Stratifikasi Sosial 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.31 Ekonomi Perburuhan 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Fathan Fadhil sdr |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 01:11 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 01:11 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24779 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |