PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN (STUDI KASUS PADA TAMAN WISATA SARI RASA KABUPATEN CILACAP)

LISA, EVAYANTI (2024) PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN (STUDI KASUS PADA TAMAN WISATA SARI RASA KABUPATEN CILACAP). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Lisa Rahmatika Evayanti_Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan (Studi Kasus Pada Taman Wisata Sari Rasa Kabupaten Cilacap).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Obyek wisata merupakan produk jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan jasa dengan harapan agar konsumen datang untuk berkunjung dan menikmati obyek wisata yang ditawarkan. Salah satu objek wisata buatan yang ada di Kabupaten Cilacap adalah Taman Wisata Sari Rasa. Untuk dapat menarik minat pengunjung, pengelola harus memperhatikan bauran pemasaran dan memberikan kualitas pelayanan terbaik untuk menciptakan suatu kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan wisatawan (2) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pada Taman Wisata Sari Rasa Kabupaten Cilacap. Sampel penelitian ini adalah wisatawan yang pernah berkunjung ke Taman wisata Sari Rasa. Metode yang digunakan adalah teknik sampling non probabilitas, yaitu sampling insidental dengan menyebarkan 100 kuesioner kepada wisatawan Taman Wisata Sari Rasa. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan skala likert, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis melalui uji f dan uji t. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi bauran pemasaran pariwisata maka akan memberikan dampak yang secara bermakna dalam meningkatkan kepuasan wisatawan. (2) kualitas pelayanan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Hal ini mengindikasikan bahwa kualitas pelayanan dapat memberikan pengaruh yang bermakna dalam meningkatkan kepuasan wisatawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran Pariwisata, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Wisatawan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Lisa Rahmatika Evayanti
Date Deposited: 03 Jun 2024 01:14
Last Modified: 03 Jun 2024 01:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24776

Actions (login required)

View Item View Item