PENGARUH PRODUK, PROMOSI, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN TABUUNGAN PENDIDIKAN CERIA PADA BPRS HARTA INSAN KARIMAH PURWOKERTO

MELDI, ADITIA RAHMANI (2024) PENGARUH PRODUK, PROMOSI, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN TABUUNGAN PENDIDIKAN CERIA PADA BPRS HARTA INSAN KARIMAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGRI PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
MELDI ADITIA RAHMANI_PENGARUH PRODUK, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN TABUNGAN PENDIDIKAN CERIA PADA BPRS HARTA INSAN KARIMAH PURWOKERTO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) merupakan salah satu jenis bank yang diizinkan operasinya dengan system Syariah di Indonesia di antaranya BPRS Harta Insan Karimah Purwokerto yang mempunyai produk tabungan pendidikan ceria dengan akad mudharabah, produk yang ditawarkan pada masyarkat agar mereka dapat merencanakan biaya pendidikan karena hanya dengan pendidikan inilah taraf hidup dan pengetahuan masyarakat dapat ditingkatkan. Pengeloaan dana yang diterima dari masyarakat sangat penting karena hanya dengan pengelolaan dana yang baiklah bank akan dapat melangsungkan aktifitasnya dalam melayani masyarakat khususnya dalam perencanaan biaya pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu peneliti terjun secara langsung ke lapangan dengan membagikan kuesioner kepada nasabah tabungan pendidikan ceria BPRS Harta Insan Karimah Purwokerto dengan tujuan mengetahui pengaruh produk, promosi, dan lokasi terhadap keputusan penggunaan tabungan pendidikan ceria. Dalam penelitian ini populasinya adalah masyarakat yang menggunakan produk tabungan pendidikan ceria. Populasi dari penelitian tidak dapat diketahui karena merupakan kerahasiaan bank, maka peneliti melakukan uji sampel menurut Riduwan, sehingga sampel yang harus diambil dari penelitian ini adalah 96 nasabah. Metode analisis yang digunakan adalah menggunakan metode analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang diolah menggunakan alat bantu IBM SPPS Statistic 24 dapat diketahui bahwa pada variabel produk berpengaruh positif terhadap keputusan nasabah menggunakan tabungan pendidikan ceria. Variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan tabungan pendidikan ceria. Variabel lokasi berpengaruh positif terhadap keputusan nasabah menggunakan tabungan pendidikan ceria. Pada uji R2, menjelaskan bahwa variabel produk, promosi, dan lokasi memiliki pengaruh positif terhadap keputusan penggunaan tabungan pendidikan ceria. Penelitian ini hanya memfokuskan pada kajian 3 variabel, yaitu terdiri dari variabel independen (produk, promosi dan lokasi) dan variabel dependen (keputusan menabung dibank syariah). Penambahan variabel perencanaan keuangan dalam penelitian yang akan datang agar dapat menghasilkan gambaran yang lebih luas tentang masalah penelitian yang sedang diteliti

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PRODUK, PROMOSI, LOKASI
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Meldi Aditia Rahmani sdr
Date Deposited: 31 May 2024 07:51
Last Modified: 31 May 2024 07:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24766

Actions (login required)

View Item View Item