STRATEGI K.H. FUAD ABBAS DALAM MENGEMBANGKAN PONDOK PESANTREN AL BANNA KEDUNGBANTENG PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES 2000-2019

Dwi Sucahyo, Wibowo (2024) STRATEGI K.H. FUAD ABBAS DALAM MENGEMBANGKAN PONDOK PESANTREN AL BANNA KEDUNGBANTENG PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES 2000-2019. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
DWI SUCAHYO WIBOWO_STRATEGI K.H. FUAD ABBAS DALAM MENGEMBANGKAN PONDOK PESANTREN AL BANNA KEDUNGBANTENG PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES 2000-2019.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Fokus dari penelitian ini adalah studi tokoh dan Strategi K.H. Fuad Abbas dalam mengembangkan Pondok Pesantren Al Banna. Untuk menganalisis penelitian ini penulis menggunakan teori kepemimpinan karismatik Max Weber. Adapun dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang meliputi heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian ini yaitu K.H. Fuad Abbas merupakan pendiri sekligus pengasuh Pondok Pesantren Al Banna yang didirikan pada tahun 2000. K.H. Fuad Abbas lahir pada tanggal 20 April 1960 di Desa Kedungoleng, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, dari orang tua berama Abbas Ali dan Sini. K.H. Fuad Abbas menimba ilmu di beberapa pondok pesantren, diantaranya Pondok Pesantren Al-Hikmah Sirampog, Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, dan Pondok Pesantren Benda Kerep. Strategi yang digunakan K.H. Fuad Abbas dalam mengembangkan Pondok Pesantren Al Banna Kedungbanteng Paguyangan Brebes diantaranya yaitu: Pertama, Transformasi Sistem Pendidikan yaitu dengan cara melakukan perubahan-perubahan terkait sistem pembelajaran dan metode yang digunakan oleh Pondok Pesantren Al Banna. Kedua, Kegiatan Sosial Keagamaan dengan melakukan kegiatan bakti sosial keagamaan dan memberikan bantuan pendidikan bagi masyarakat yang kurang mampu. Ketiga, Membangun Relasi dengan cara melakukan sialaturahmi dengan berbagai tokoh NU terutama kiai-kiai sepuh dan menjalin komunikasi dengan alumni sebagai garda terdepan untuk memperkenalkan pondok pesantren. The focus of this research is the study of the figures and strategies of K.H. Fuad Abbas in developing Al Banna Islamic Boarding School. To analyse this research the author uses Max Weber's charismatic leadership theory. As for this research, it uses historical research methods which include heuristics, verification, interpretation, and historiography. The results of this study are K.H. Fuad Abbas is the founder and caregiver of Al Banna Islamic Boarding School which was founded in 2000. K.H. Fuad Abbas was born on 20 April 1960 in Kedungoleng Village, Paguyangan District, Brebes Regency, to parents named Abbas Ali and Sini. K.H. Fuad Abbas studied at several Islamic boarding schools, including Al-Hikmah Sirampog Islamic Boarding School, Al-Anwar Sarang Islamic Boarding School, and Benda Kerep Islamic Boarding School. The strategies used by K.H. Fuad Abbas in developing Al Banna Kedungbanteng Paguyangan Brebes Islamic Boarding School include: First, Transformation of the Education System by making changes related to the learning system and methods used by Al Banna Islamic Boarding School. Second, Religious Social Activities by conducting religious social service activities and providing educational assistance for underprivileged communities. Third, Building Relationships by keeping in touch with various NU leaders, especially old kiai-kiai and establishing communication with alumni as the front guard to introduce the boarding school.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: K.H. Fuad Abbas, Pengembangan, Strategi, Pondok Pesantren Al Banna
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Dwi Sucahyo Wibowo sdr
Date Deposited: 30 May 2024 03:08
Last Modified: 30 May 2024 03:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24748

Actions (login required)

View Item View Item