PEMBINAAN KEPALA MADRASAH KEPADA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 BANYUMAS

Maulidatun, Ni'mah (2024) PEMBINAAN KEPALA MADRASAH KEPADA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Maulidatun Ni'mah_Pembinaan Kepala Madrasah .pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kurikulum merupakan pedoman penting dalam proses pembelajaran. Kurikulum merdeka diberikan kepada satuan pendidikan sebagai langkah tambahan yang digunakan dalam rangka pemulihan pembelajaran yang dimulai pada tahun ajaran 2022/2023, hal tersebut berdasarkan Badan Standar Nasional Pendidikan. Namun perubahan kurikulum masih banyak lembaga pendidikan yang masih kesulitan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar. Untuk melaksanakan kurikulum merdeka dengan baik, maka diperlukannya pembinaan kepala madrasah dalam membimbing pendidik, sehingga kurikulum merdeka dapat berhasil diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah Pembinaan Kepala Madrasah Kepada Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banyumas. Pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi serta dokumentasi. Pada proses melakukan analisis peneliti menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pembinaan kepala madrasah yang diberikan kepada guru melalui pembinaan internal maupun eksternal, dalam proses pelaksanaan kepala madrasah memberikan kesempatan guru mengikuti diklat, seminar, webinar online maupun offline dari kementerian agama serta kepala madrasah mengundang narasumber In House Training dari Pekalongan guna meningkatkan kompetensi maupun pengetahuan guru sebagai bekal implementasi kurikulum merdeka belajar, melaksanakan rapat rutin dan melakukan supervisi kunjungan kelas pada proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa upaya pembinaan kepala madrasah dalam pelaksanaan kurikulum dapat mengantisipasi kendala-kendala guru MI Negeri 1 Banyumas sehingga kurikulum terlaksana dengan baik. Kata Kunci: Pembinaan, Kepala Madrasah, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan,Kepala Madrasah, Kurikulum Merdeka
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maulidatun Ni'mah sdri
Date Deposited: 20 May 2024 03:41
Last Modified: 20 May 2024 03:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24719

Actions (login required)

View Item View Item