MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DI SMP DIPONEGORO 3 KEDUNGBANTENG

ALFANDY, RAHMANDANI (2024) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DI SMP DIPONEGORO 3 KEDUNGBANTENG. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di SMP Diponegoro 3 Kedungbanteng.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah ketertarikan terhadap manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di dalam suatu lembaga pendidikan, dalam peningkatan kualitas belajar siswa, di mana tidak seluruh sekolah memiliki manajemen sumber daya manusia yang baik dan berkualitas, sementara SMP Diponegoro 3 kedungbanteng cukup memiliki nilai lebih seperti ter akreditasi A, SDM yang baik serta memiliki lulusan yang sudah banyak, serta masih sedikitnya penelitian yang meneliti tentang sumber daya manusia dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Kepala Tata Usaha, siswa dan wali murid. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Pengujian validitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan melakukan kuisioner, meningkatkan ketekunan dan observasi lebih mendalam. Manajemen SDM dalam dunia pendidikan memiliki beberapa komponen yang penting. Pertama, perencanaan, kedua rekrutmen, ketiga pelatihan, dan yang keempat kontrol dan monitoring, sumber daya manusia di lembaga pendidikan memerlukan analisis kebutuhan guru dan staf administrasi yang diperlukan untuk menjalankan program pendidikan yang efektif. Di SMP Diponegoro 3 Kedungbanteng telah menjalankan perencanaan dengan baik termasuk menganalisis atau meramalkan kebutuhan akan keterampilan di masa depan, Menguraikan alasan pentingnya perencanaan pelatihan. perekrutan nya pun terbilang memiliki skema yang jelas yaitu memperhatikan profil karyawan, yang mencakup pengalaman dan pendidikan , yang kemudian selalu mengadakan pelatihan pada tenaga kependidikannya. Ada dua jenis pelatihan yang tersedia untuk pelatihan di tempat kerja yaitu pelatihan dari dalam sekolah dan dari luar sekolah yaitu mengikuti MGMP. Lalu diadakan penilaian dan monitoring setiap bulannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sumber daya manusia, Kepuasan pelanggan
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Alfandy Rahmandani sdr
Date Deposited: 21 May 2024 01:46
Last Modified: 21 May 2024 01:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24716

Actions (login required)

View Item View Item