IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS 6A MI MUHAMMADIYAH SIDABOWA KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS

Alifia, Risky (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS 6A MI MUHAMMADIYAH SIDABOWA KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Alifia Risky_Implementasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas 6A MI Muhammadiyah Sidabowa Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan tanpa melakukan tatap muka, tetapi melalui platform yang telah tersedia. Salah satunya MI Muhammadiyah Sidabowa yang sudah menerapkan pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran daring serta faktor pendukung dan penghambat pembelajaran daring, yang dilakukan oleh guru kelas 6 A MI Muhammadiyah Sidabowa Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data (reduction data), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Untuk menguji keabsahan data penelitian dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran daring pada kelas 6 A yaitu dengan memanfaatkan berbagai macam platform. Adapun faktor yang mendukung pembelajaran daring yaitu, sekolah mengadakan pelatihan sebagai upaya meningkatkan mutu guru untuk menunjang pembelajaran daring, selain itu sekolah juga memfasilitasi wifi untuk guru di sekolah. Faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran daring yaitu, sebagian anak tidak memiliki kuota internet pada saat pembelajaran daring. Selain itu minimnya antusiasme siswa dan minimnya siswa akan pemahaman materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Belajar, Pembelajaran, Daring
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alifia Riski sdri
Date Deposited: 21 May 2024 01:43
Last Modified: 21 May 2024 01:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24711

Actions (login required)

View Item View Item