KOMUNIKASI VIRTUAL (KAJIAN FENOMENA BUDAYA HALLYU WAVE TERHADAP GAYA HIDUP REMAJA DI PURWOKERTO)

NUR HASANAH, 1123102014 (2016) KOMUNIKASI VIRTUAL (KAJIAN FENOMENA BUDAYA HALLYU WAVE TERHADAP GAYA HIDUP REMAJA DI PURWOKERTO). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (541kB) | Preview
[img] Text
NUR HASANAH_KOMUNIKASI VIRTUAL (Kajian Fenomena Hallyu Wave Terhadap Gaya Hidup Remaja di Purwokerto).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Hallyu Wave merupakan suatu fenomena menyebarnya budaya popular asal Korea Selatan diberbagai penjuru dunia. Produk budaya ini meliputi: Drama (K- Drama), Musik (K-Pop) dan Fashion (K-Style). Penyebaran budaya ini tidak lain karena peranan media yang selalu memblow-up fenomena yang tengah menjadi tren. Media internet, terkhusus media sosial memiliki peran penting didalamnya. Media sosial dalam konteks penyebaran budaya Hallyu Wave digunakan sebagai media komunikasi, publikasi, promosi, dan pemasaran kepada penggemar oleh tokoh/artis dari negeri Korea Selatan. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka peneliti merumuskan permasalahan sebagai berikut: 1) Bagaimana bentuk komunikasi yang terjalin antara remaja di Purwokerto dengan tokoh budaya Hallyu Wave, 2) Bagaimana pengaruh budaya Halllyu Wave terhadap gaya hidup Remaja di Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk komunikasi virtual serta pengaruh gaya hidup yang ditimbulkan dari budaya Hallyu Wave. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif-kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi. Teori utama yang digunakan ialah pendekatan Fenomenologi Edmund Husserl dan konsep gaya hidup menurut Henry Assael. Teori pendukung lainnya ialah teori computer mediated communication (CMC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah adanya fenomena Hallyu Wave, terdapat pengaruh gaya hidup pada remaja di Purwokerto, seperti pola hidup hedonis, keinginan untuk meniru dengan idolanya dan penggunaan bahasa Korea dikehidupan sehari-hari. Komunikasi antar penggemar-tokoh/artis budaya Hallyu Wavemerupakan komunikasi virtual degan jenis komunikasi asynchronous communication dan synchronous communication. Kata kunci: Fenomenologi, Hallyu Wave, Komunikasi Virtual,Gaya Hidup

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services > 362.7 Problem and Service to Young People (Anak dan Remaja)
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 17 Jun 2016 01:06
Last Modified: 17 Jun 2016 01:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/247

Actions (login required)

View Item View Item