PELAKSANAAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR'AN DI MUSHOLA TSABITUL GHONI DESA PEKIRINGAN KEC. KARANGMONCOL KAB. PURBALINGGA

Alief, Ramdan (2024) PELAKSANAAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR'AN DI MUSHOLA TSABITUL GHONI DESA PEKIRINGAN KEC. KARANGMONCOL KAB. PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ALIEF RAMDAN_PELAKSANAAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR'AN DI MUSHOLA TSABITUL GHONI DESA PEKIRINGAN KEC. KARANGMONCOL KAB. PURBALINGGA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Usaha untuk dapat menjadikan anak yang bisa memahami dan pandai membaca Al-Qur’an tentu dipengaruhi oleh berbagai faktor, sebab faktor inilah yang nantinya akan mempengaruhi keberhasilan tidaknya dalam proses belajar yang diinginkan. Seperti santri yang masih dijumpai belum mampu melafadzkan makhorijul huruf dengan baik dan benar ketika membaca Al-Qur’an di Mushola Tsabitul Ghoni. Taman Pendidikan Al-Qur’an merpakan progam pembelajaran Al-Qur’an, dengan mengikuti kegiatan ini santri akan mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Akan tetapi pada kenyataannya, masih ada santri yang belum lancar dalam membaca Al-Qur’an serta kurangnya minat belajar santri. Sehingga mempengaruhi konsentrasi dalam memahami bacaan Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran membaca Al-Qur’an di Mushola Tsabitul Ghoni. Jenis penelitian yang dilakukan adalah lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif. Objek penelitian yaitu pelaksanaan implementasi pembelajaran membaca Al-qur’an di Mushola Tsabitul Ghoni Desa Pekiringan. Subjek penelitiannya ialah kepala TPQ, Ustadz dan Ustadzah, santri. Lokasi yang diteliti adalah Taman Pendidikan Al-Qur’an di Mushola Tsabitul Ghoni Desa Pekiringan Kec. Karangmoncol Kab. Purbalingga. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran membaca Al-Qur’an di Mushola Tsabitul Ghoni telah berusaha memaksimalkan kinerja dalam meningkatkan kualitas kemampuan membaca Al-Qur’an pada santrinya dengan tergeraknya perencanaan maupun manjemen dalam mengatur, memantau, dan mengarahkan kegiatan pembelajaran membaca Al-Qur’an yang efektif dan efisien, selain itu dengan visi dan misi yang jelas dan metode yang bervariasi, guna meningkatkan kualitas kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alief Ramdan sdr
Date Deposited: 17 May 2024 07:32
Last Modified: 17 May 2024 07:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24698

Actions (login required)

View Item View Item