MANAJEMEN IMPLMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD IT HARAPAN BUNDA 01 PURWOKERTO

Oky, Saputro (2024) MANAJEMEN IMPLMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD IT HARAPAN BUNDA 01 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Oky Fajar Saputro_Manajemen Implementasi Kurikulum Merdeka di SD IT Harapan Bunda 01 Purwokerto.pdf

Download (996kB) | Preview

Abstract

Implementasi merupakan suatu tindakan atau aksi yang mengarah pada adanya bukan hanya satu kegiatan yang direncanakan dan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Kurikulum merupakan seperangkat atau suatu sistem rencana dan pengaturan mengenai bahan pembelajaran yang dapat dipedomani dalam aktivitas belajar mengajar. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakulikuler yang beragam diamana akan memudahkan para peserta didik untuk mendalami konsep dan siswa bebas mengeksplor seluruh informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan perencanaan kurikulum merdeka di SD IT harpan bunda 01 purwokerto (2) mengetahui bentuk pelaksanaan manajemen kurikulum merdeka di SD IT Harapan Bunda 01 Purwokerto, (3) menguraikan hasil evaluasi dari manajemen kurikulum merdeka belajar di SD IT Harapan Bunda 01 Purwokerto Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Sd IT Harapan Bunda 01 Purwokerto dengan tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis daya yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan pada bagian akhir. Dan menggunakan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Perencanaan Kurikulum merdeka belajar yang dilaksanakan di SD IT harapan bunda 01 purwokerto dengan Pengambilan Kebijakan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka, Analisis pembagian beban kerja Guru dan Tenaga Kependidikan, Koordinasi Perencanaan Kurikulum Merdeka di SD IT Harapan Bunda 01 Purwokerto. (2) bentuk implementasi kurikulum merdeka di SD IT Harapan Bunda 01 purwokerto melalui pembelajaran intrakurikuler Pembelajaran ekstrakurikuler dan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (3) Evaluasi kurikulum yang diterapkan di SD IT Harapan Bunda 01 Purwokerto adalah evaluasi input, evaluasi proses dan evaluasi output penerapan kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implemenatasi, Kurikulum, Merdeka Belajar.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Oky Fajar Saputro sdr
Date Deposited: 21 May 2024 01:36
Last Modified: 21 May 2024 01:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24695

Actions (login required)

View Item View Item