IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM KULLIYATUL MU'ALLIMIN AL-ISLAMIYAH PADA PROGRAM TAḤFĪẒ AL-QUR'AN DI MTs DARUL QURRO KAWUNGANTEN CILACAP

Arina, Zulfatunnisa (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM KULLIYATUL MU'ALLIMIN AL-ISLAMIYAH PADA PROGRAM TAḤFĪẒ AL-QUR'AN DI MTs DARUL QURRO KAWUNGANTEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Arina Zulfatunnisa_2017401073.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan implementasi manajemen kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah dalam program Taḥfīẓ Al-Qur’an Darul Qurro Kawunganten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari hasil wawancara sejumlah informan yaitu, kepala sekolah mengenai perencanaan program Taḥfīẓ Qur’an pada kurikulum KMI, waka kurikulum sebagai pemangku kebijakan kurikulum dan guru yang mengimplementasikan kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya implementasi dan manajemen kurikulum KMI yang optimal dan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Kunci suksesnya pengimplementasian dan manajemen kurikulum KMI adalah guru dan siswa meningkatkan mindset ingin melakukan terobosan agar hasil yang dicapai dapat maksimal melalui program Taḥfīẓ Qur’an. Dengan adanya kurikulum KMI di MTs Darul Qurro dapat melakukan perubahan pola pikir demi tercapainya tujuan pendidikan secara efektif, membuat strategi dan didukung dengan penerapan kompetensi pada guru. terlihat prestasi belajar siswa ada peningkatan melalui program taḥfīẓ Al-Qur’an yang ikut andil dalam peningkatan prestasi siswa karena dalam KMI terdapat program tahfidz Al-Qur’an yang bertujuan agar siswa siswi memilii jiwa Qur’ani dan paham betul isi dari Al-Qur’an. Hal inilah yang saling berkaitan dan menjadi faktor pendukung peningkatan prestasi belajar siswa pada implementasi kurikulum KMI dalam program taḥfīẓ Al-Qur’an di MTs Darul Qurro Kawunganten Cilacap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, kurikulum KMI, Program taḥfīẓ Al-Qur’an
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Arina Zulfatunnisa sdri
Date Deposited: 15 May 2024 01:49
Last Modified: 15 May 2024 01:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24691

Actions (login required)

View Item View Item