PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDIT LENTERA HATI KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA

SOVIA RENI, AZIZAH (2024) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDIT LENTERA HATI KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
SOVIA RENI AZIZAH_PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDIT LENTERA HATI KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pada Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SDIT Lentera Hati Kaligondang Kabupaten Purbalingga, dengan rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana peran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka di SDIT Lentera Hati Kaligondang Kabupaten Purbalingga?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptifData yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu dari observasi, wawancara dan dokumentasi dengan informasi yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana. Penelitian ini menggunakan tiga analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menjunjukan bahwa Peran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka di SDIT Lentera Hati Kaligondang Kabupaten Purbalingga sudah dijalankan sesuai peran dan tugas sebagai pemimpin sekolah yang meliputi: 1) Kepala sekolah sebagai educator (pendidik) memberikan pengarahan, membimbing dan mengevaluasi dalam implementasi kurikulum merdeka. 2) Kepala sekolah sebagai manajer pada penyusunan kurikulum operasinal pada perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasi dan evaluasi pembelajaran kurikulum merdeka. 3) Kepala sekolah sebagai administrasi melakukan pengelolaan pada kurikulum, keuangan, sarana dan prasarana serta PPDB. 4) Kepala sekolah sebagai supervisi melakukan monitoring dan penilaian supervise terhadap pendidik. 5) Kepala sekolah sebagai leader melakukan pengambilan keputusan dan memiliki komitmen tinggi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. 6) Kepala sekolah sebagai innovator melakukan koordinasi secara intensif. 7) Kepala sekolah sebagai motivator memberikan motivasi sepanjang waktu kepada pendidik, sehingga pendidik selalu bersemangat dalam menjalankan tugas dan kewajibanya untuk menunjang implementasi kurikulum merdeka berjalan dengan efektif dan efesien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Kepala Sekolah, Kurikulum Merdeka.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: SOVIA RENI AZIZAH sdri
Date Deposited: 13 May 2024 07:27
Last Modified: 13 May 2024 07:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24681

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item