TOTAL QUALITY MANAGEMENT PADA PROGRAM UNGGULAN TAHFIDZ AND INTERNATIONAL CURRICULUM CLASS DI SMP AL-IRSYAD TEGAL

INDAH, KURNIAWATI (2024) TOTAL QUALITY MANAGEMENT PADA PROGRAM UNGGULAN TAHFIDZ AND INTERNATIONAL CURRICULUM CLASS DI SMP AL-IRSYAD TEGAL. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
INDAH KURNIAWATI_TOTAL QUALITY MANAGEMENT PADA PROGRAM UNGGULAN TAHFIDZ AND INTERNATIONAL DI SMP AL-IRSYAD TEGAL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Lembaga pendidikan Islam agar tetap dapat bersaing harus mempunyai beragam inovasi melalui program-program yang memiliki ciri khas dan keunggulan tersendiri. Program unggulan berupa kelas internasional di berbagai lembaga pendidikan muncul sebagai usaha agar tetap relevan dengan kebutuhan zaman dan masyarakat. Perubahan sosial membuat pendidikan Islam menghadirkan program bercirikan Islam sekaligus memperkuat identitas Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi dan deskripsi pelaksanaan program unggulan Tahfidz and International Curriculum Class (TICC) serta quality planning, quality control, quality improvement, dan costumer satisfaction berdasarkan total quality management yang dijalankan pada program unggulan TICC di SMP Al-Irsyad Tegal. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan melalui rangkaian kegiatan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan hasil penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan urgensi program TICC adalah menjawab tantangan era globalisasi mengenai kebutuhan penguasaan bahasa asing, keutamaan tahfidzul Qur’an, dan inovasi program pendidikan dalam mengatasi persaingan. Quality planning dilakukan setelah evaluasi program sekolah dan benchmarking dilanjutkan dengan menentukan visi dan misi, melakukan management of change, penyiapan SDM unggul, pembuatan kurikulum dan standar mutu, desain proses KBM, penyiapan sarana dan prasarana, pembentukan tim, dan networking. Quality control dilakukan melalui evaluasi secara rutin melalui rapat evaluasi mingguan, bulanan, tiga bulanan, akhir semester, dan akhir tahun dengan ujian tahfidz dan Examination Authority (EXOT). Quality improvement program TICC dilakukan melalui inovasi kegiatan-kegiatan yang mendukung peningkatan kualitas proses dan lulusan, peningkatan kualitas SDM, dan peningkatan sarana dan prasarana. Costumer satisfaction atau kepuasan pelanggan baik internal maupun eksternal terlihat dari terpenuhinya harapan terkait mutu proses dan kompetensi peserta didik. Kata kunci: international curriculum class, tahfidz, total quality management

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1227 Pendidikan Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: INDAH KURNIAWATI
Date Deposited: 08 May 2024 06:02
Last Modified: 08 May 2024 06:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24677

Actions (login required)

View Item View Item